Program BSM Belum Menyentuh Siswa Miskin

  • Whatsapp
Sosialisasi BSM
Sosialisasi BSM

Kupang–Lintasntt.com: Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Nusa Tenggara Timur ternyata belum menyentuh seluruh siswa miskin di daerah itu.

Selain itu banyak siswa dari kalangan menengah ke atas juga kebagian dana bantuan siswa miskin. Hal tersebut mengemuka dalam dalam pertemuan Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama wartawan di Kupang, Kamis (22/5).

Padahal program ini ditujukan kepada keluarga miskin yang memiliki anak usia sekolah untuk meringankan beban dalam memenuhi biaya pendidikan mereka.

Teguh Widodo dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan masih banyak siswa miskin di NTT belum terlayani program ini akibat ketidaktahuan orang tua dan kurangnya sosialisasi dari sekolah.

Baca Juga :  Sakit, Gubernur Papua Dievakuasi ke RSPAD Gatot Subroto

Dari rencana 11,2 siswa miskin yang terjangkau program ini untuk tahun pelajaran 2013/2014, hanya menyentuh 15 persen. Teguh berharap pada tahun anggaran 2014/2015, siswa miskin yang belum tercover program ini bisa terlayani.

Siswa miskin tersebut berasal dari keluarga yang pada 2013 telah menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang dibagikan pemerintah. Ketika itu kata Dia, pemerintah membagikan KPS kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran atau masyarakat yang berada di 25 persen tingkat pendapatan terendah.

Semua rumah tangga penerima KPS yang memiliki anak usia sekolah, yang terdaftar di sekolah berhak menerima manfaat program BSM. Mereka cukup membawa KPS ke sekolah bersama bukti pendukung seperti kartu keluarga, atau surat keterangan dari RT atau RW yang menyebutkan anak berasal dari rumah tangga penerima KPS. (gba)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *