Presiden Jokowi Tanam Jagung Hibrida di Food Estate Atambua

  • Whatsapp
Foto: Biro AP Setda NTT

Atambua – Presiden Jokowi bersama Gubernur NTT Viktor Laiskodat menanam jagung Hibrida R7 mengunakan mesin tanam otomatis di lokasi food estate Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Kamis (24/3/2022).

Lokasi food estate tersebut seluas 53 hektare, akan diperluas menjadi 500 hektare. “Kalau berhasil dan produksinya bagus, kita akan melompat ke daerah yang lain, yang juga ada lahan datar seperti ini seluas 15.000 hektare,” kata Jokowi.

Sedangkan untuk kebutuhan air bagi tanaman jagung, dialirkan dari Bendungan Rotiklot mengunakan mesin air springkle.

Jokowi mengatakan, untuk membuka lahan jagung dan tanaman hortikultura, butuh keberanian dari pemerintah daerah mengunakan teknologi pertanian serta mesin pertanian yang canggih.

Baca Juga :  PLN NTT Gandeng Brimob Gelar Simulasi Tanggap Darurat Ancaman Teror

“Saya rasa kalau kita berani menggunakan teknologi, dan mencoba di lahan-lahan yang sulit seperti di NTT ini, nanti akan kelihatan semuanya apa yang perlu dikoreksi, dan alsintan apa yang pas, yang cocok dipergunakan di daerah seperti NTT ini,” katanya.

Food estate tersebut dibagi menjadi empat blok yaitu block A3,3 ha, block B18,7 ha, C22 ha dan block D9 ha. Saat ini, food estate tersebut telah ditanami tiga jenis tanaman pangan yaitu jagung, padi dan sorgum. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *