Prananda Paloh Fasilitasi Mahasiswi Undana ke AWMUM Thailand

  • Whatsapp
Mahasiswi Undana, Yohana Constantiana Muku /Foto: Lintasntt.com

Kupang–Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem, Prananda Surya Paloh (PSP) memfasilitasi mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis Undana Kupang, Yohana Constantiana Muku untuk mengikuti Asia World Model United Nation (AWMUM) di Bangkok, Thailand mulai 30 Januari-2 Februari 2019.

Yohana sebagai satu-satunya mahasiswa asal NTT yang ikut kegiatan yang diikuti delegasi dari seluruh dunia.
Demikian disampaikan Ketua Pembina Garda Pemuda NasDem NTT, Yusak Benu kepada wartawan di Kupang, Kamis (17/1).  Menurut Yusak semua akomodasi Yohana akan ditanggung oleh Prananda Surya Paloh.

Yusak mengatakan, sebagai orang muda PSP sangat mendukung kegiatan di Thailand. Dukungan ini sudah disampaikan langsung kepada Yohana saat PSP memberikan kuliah umum di Kampus Undana Kupang.
“PSP sangat mendukung kegiatan ini ketika beliau datang memberikan kuliah umum di Undana, beliau menyambut baik dan menyiapkan akomodasi,” katanya. Ia mengatakan, bantuan akomodasi telah diberikan langsung yang didampingi Dekan FEB, Okto Nawapau.

Yonana akan diberangkatkan pada Sabtu, 26 Januari 2019. “Saya sebagai PIC telah menyerahkan bantuan tadi dan disaksikan pak Dekan FEB. Dekan akan melepaskan keberangkatan Yohana pada hari Sabtu 26 Januari, karena kegiatan akan berlangsung dari 30 Januari sampai 2 Februari 2019,” katanya.

Baca Juga :  Kapal Tujuan Rote Tenggelam di Kupang

AWMUN merupakan salah satu dari berbagai Model United Nation (MUN) yang diselenggarakan oleh International Global Networking (IGN). Selain itu, AWMUN merupakan kegiatan kepemudaan international dalam bentuk simulasi rapat UN PBB dengan Tema “The World’s Dilemma: Enhancing World Action on Climate Change” dengan delegasi-delegasi Dari seluruh dunia.

“Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan mengikuti AWMUN diantaranya meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan berbicara, dan tentunya meningkatkan kemampuan diplomasi. Selain itu juga akan memperluas jaringan dengan delegasi-delegasi dari seluruh dunia,” katanya.

Magang di Metro TV

Selain itu, lanjut Yusak, 15 orang mahasiswa Undana juga akan mengikuti magang di stasiun televisi nasional, Metro TV. Semua biaya dan akomodasi selama magang menjadi tanggung jawab Metro TV.

Ia mengatakan, pihak Metro TV telah melakukan memorandum of understanding (MoU) bersama Pembantu Rektor IV, I Wayan Mudita. Dalam MoU itu, program magang akan dilakukan setiap tahun.
“Jadi seluruh biaya akan ditanggung oleh Metro TV dan magang ini akan dilakukan setiap tahun, karena tadi sudah tanda tangan MoU,” kata Yusak.

Baca Juga :  DBD Sudah Renggut 25 Nyawa Warga NTT

Yusak menambahkan, program ini untuk mendukung generasi muda NTT terutama mahasiswa agar bisa menjadi starup bisnis ke depan.

Selain itu, bisa kembali bekerja di Metro TV, jika mendapat nilai positif selama magang.
“Jadi ini khusus yang semester V ke atas dan ini sudah menjadi program tahunan. Kalau yang kerja bagus selama magang, dimungkinkan untuk langsung bekerja di Metro TV,” ujarnya.

Ketua DPD Garda Pemuda NasDem NTT, Bobby Pitoby mengatakan, magang di Metro TV sudah menjadi komitmen PSP yang disampaikan ketika membawa kuliah umum di Kampus Undana Kupang. Menurut Bobby, magang ini menjadi kesempatan terbaik bagi mahasiswa.

“Kita harapkan mahasiswa jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak semua orang bisa magang di Metro TV, apalagi gratis karena semua akomodasi ditanggung pihak Metro TV,” kata Bobby. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *