PLN Optimalkan Pengoperasian PLTMH Ogi di Bajawa Untuk Dukung Pertanian

  • Whatsapp
PLTMH Ogi di Bajawa/dok PLN

Bajawa – Pejuang kelistrikan melakukan pemeliharaanPembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Ogi di Kelurahan Faobata Kecamatan Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

PLTMH kapasitas 100 kW tersebut telah memberi manfaat dengan hadirnya energi listrik untuk mendukung pembangunan, dan mempertahankan bauran energi baru terbarukan (EBT) Sistem Flores.

Read More

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Flores Andi Martha Siswahyudi mengatakan, PLTMH sudah beroperasi sejak 1982, merupakan salah satu pembangkit energi listrik bersih dan ramah lingkungan yang ada di Pulau Flores.

PLN berkomitmen mengelola pembangkit tersebut untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan bauran EBT menjadi 23% pada 2025.

Keberlanjutan pengoperasian unit pembangkit tersebut juga merupakan bagian dari mendukung program transformasi PLN, yang salah satunya adalah, green, yaitu komitmen PLN untuk terus menghadirkan energi bersih, yang diwujudkan dengan melakukan pemeliharaan oleh pejuang kelistrikan PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Flores pada pertengahan Januari 2023.

“Bauran EBT pada sistem kelistrikan Flores per Desember 2022 sudah mencapai 25,01%, dengan sumber EBT dari energi panas bumi, air dan sinar matahari,” ujar Andi.

Keberadan sumberdaya alam berupa tumbuhan, air dan keunikan topografi serta keunikan lainnya di lokasi tersebut yang mendukung terwujudnya pembangunan

“Semoga infrastruktur kelistrikan energi bersih yang sudah dibangun tetap handal untuk mendukung peningkatan bauaran EBT dan pembangunan yang akan berdampak pada masyarakat,” tutur Andi.

Yustina salah satu warga di sekitar PLTMH Ogi yang berprofesi sebagai petani menyampaikan terima kasih atas kehadiran PLTMH Ogi.

“Dengan adanya PLTMH tersebut, turut mendukung aktivitas kami bertani karena saluran irigasi juga dibangun sehingga air yang ada di wilayah kami tidak hanya menghasilkan energi listrik tetapi juga mendukung hasil pertanian,” ujar Yustina.

Dia berharap PLTMH Ogi tetap beroperasi sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat dari sumber daya alam yang ada untuk menghasilkan energi listrik dan hasil pertanian yang melimpah. (*/pln)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.