PLN NTT Lakukan Pemadaman Terencana untuk ‘Uprating Crossbar’

  • Whatsapp
Ilustrasi/Foto: PLN

Kupang–PT. PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur akan melakukan pemadaman listrik secara terencana antara 8-9 jam pada Sabtu (26/11/2016) untuk menuntaskan pekerjaan instalasi jelang kedatangan kapal listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) ‘Karadeniz Powership Zeynep Sultan‘ asal Turki.

Pemadaman listrik mulai pukul 07.00-17.00 Wita akan diumumkan lewat media massa serta melalui surat kepada pemerintah daerah, tokoh agama, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Read More

General Manager PT PLN Wilayah NTT Richard Safkaur mengatakan petugas PLN sudah selesai membangun Gardu Induk (GI) di kompleks PLTU Bolok yang disiapkan untuk menghubungkan kapal listrik dengan GI Bolok.

Baca Juga :  Aliran Listrik 6 Kabupaten di NTT Pulih 100 Persen

Di situ sudah selesai dibangun travo yang berfungsi menurunkan tenaga 150 Kilovolt (Kv) dari kapal menjadi 70 Kv sebelum disalurkan ke GI Bolok. Petugas PLN juga sudah menambah kapasitas travo GI Bolok dan GI Maulafa dari masing-masing 20 Mega Volt Ampere (MVA) menjadi 30 MVA.

Richard mengatakan saat ini petugas PLN sedang melakukan penambahan kapasitas (uprating) buswar 1 dan buswar 2. Buswar ialah titik pertemuan atau hubungan travo-travo tenaga dan peralatan listrik lainnya.

Pekerjaan selanjutnya pada Sabtu pagi ialah melakukan uprating crossbar pada bay coupler untuk menghubugkan buswar 1 dan buswar 2 tersebut.

“Nah, pada tahap ini, semua sistem harus offline (dihentikan) demi keselamatan kerja,” kata Richard dakam jumpa pers di Kupang, Rabu (23/11/2016).

Dengan demikian pada Sabtu pagi, PLTU Bolok akan dipadamkan sementara. Pemadaman berlaku untuk sistem Kupang yang meliputi Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan Timor Tengah Selatan.

Baca Juga :  Diskon Tambah Daya Listrik 'Super Merdeka' Sudah Dimanfaatkan 50 Ribu UMKM-IKM

Untuk menyiapkan listrik bagi masyarakat, PLN akan menghidupkan mesin pembangkit tenaga disel (PLTD) di Tenau, Kuanino, dan SoE untuk memyediakan listrik bagi masyarakat terutama fasilitas umum seperti rumah sakit, bandara, dan fasilitas umum lainnya.

Karena itu, ia minta masyarakat memahami pemadaman listrik ini.

Seperti diketahui, pemerintah menyewa empat kapal listrik dari Turki untuk mengatasi krisis listrik di sejumlah daerah. Salah satu kapal yang akan ditempatkan di Kupang tersebut sedang dalam pelayaran dari Turki ke Indonesia.

Kapal ini mengangkut pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkekuatan 60 Megawatt (Mw) dijadwalkan tiba di Pelabuhan PLTU Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang antara Desember-Januari 2017. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *