Categories: Daerah

PLN NTT- JPM Bangun Jaringan Air Bersih di Nunsaen

Nunsaen, 19 Februari 2022 – PLN Unit Induk Wilayah NTT kerjasama dengan Yayasan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM) melaksanakan kegiatan “Peresmian & Serah Terima Pembangunan Jaringan Air Bersih’
yang merupakan bagian dari Program Desa Sanitasi Sehat,di Dusun 4, Kabuka, Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang, Sabtu, 19 Februari 2022

Pembangunan Jaringan air bersih ini sebagai bentuk dukungan pada pemerintah kabupaten Kupang dalam upaya mengurangi prevalensi angka stunting di kabupaten Kupang dan selaras dengan upaya pemerintah kabupaten Kupang untuk menurunkan angka stunting sebesar 10% dari pencapaian sebelumnya dalam tahun 2021.

Untuk itu, PLN UIW NTT dan JPM melalui kolaborasi dengan pemerintah Desa Nunsaen &warga Dusun 4 Kabuka, melaksanakan rehabilitasi dan pembangunan jaringan air bersih untuk menyediakan akses air bersih di Dusun 4 Kabuka, Desa Nunsaen dan untuk memenuhi salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (The Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh World Health Organization yakni Air bersih dan Sanitasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kabupaten yang diwakili oleh Kepala Bagian Perekonomian, Yopiter Nau.

Dalam sambutannya, Yopiter Nau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan bergotong royog dalam membangun jaringan air bersih tersebut yakni PLN UIW NTT dan Yayasan JPM serta masyarakat setempat. Kerja yang tidak kenal lelah bekerja demi terwujudnya akses air bersih yang lebih mudah di Dusun 4 Kabuka ini.

Dia juga berharap masyarakat dapat menerapkan segala ilmu yang telah dibagikan selama proses pembangunan ini untuk menjaga dan merawat jaringan air yang sudah dibangun, tidak hanya bangunan dan perpipaan tetapi masyarakat juga harus sadar untuk menjaga kelestarian alam sekitar mata air, karena jika pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan sekitar tidak dijaga, dapat dipastikan mata air kabuka ini, suatu saat akan mengering dan tidak akan bisa dirasakan anak-anak dan cucu-cucu kita di masa depan”.

Dalam kegiatan ini, General Manager dari PLN Unit Induk Wilayah NTT yang diwakili oleh Vincentsius Leonardo, Assistant Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIW NTT, juga turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam program Desa Sanitasi Sehat ini terutama kepada Pemerintah Desa Nunsaen yang telah bekerjasama memberi dukungan kepada pembangunan jaringan air bersih ini. Beliau juga turut menyampaikan pesan bagi masyarakat dusun 4 kabuka bahwa “Kami berharap jaringan air bersih ini tidak hanya memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga-keluarga ditempat ini, namun juga dapat berkontribusi mengatasi permasalahan Stunting & Gizi buruk di Dusun 4 Nunsaen”.

Program Desa Sanitasi Sehat memberikan dukungan berupa pembangunan rumah reservoir yang berisi 2 buah tandon berukuran 3300 Liter dan 1 buah tandon ukuran 5300 liter, pembangunan 3 tugu keran umum serta merehabilitasi 5 tugu kran umum yang sudah ada. 2 tugu keran dibangun di Posyandu Dusun 4 dan di SDI Nunsaen, termasuk penggalian dan instalasi jaringan perpipaan sepanjang 1.700 meter. Pekerjaan ini berkolaborasi dengan dana desa dalam pengadaan sebagian material perpipaan.

Selain memberikan dukungan rehabilitasi jaringan air bersih, PLN UIW NTT bersama Yayasan JPM juga memberikan dukungan berupa penyediaan bibit sayuran, yakni bibit sayur bayam, terong, kangkung, sawi &sawi putih kepada masyarakat setempat agar dapat mengupayakan kebun gizi pekarangan bagi keluarga untuk mempermudah akses sumber makanan bernutrisi bagi keluarga.

Hadirnya akses air bersih yang lebih baik dan dukungan bibit sayuran ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Dusun 4 Kabuka, Desa Nunsaen, Kabupaten Kupang. (*)

Komentar ANDA?

Canra Liza

Recent Posts

Yohanis Praing Jabat Plt Dirut Bank NTT, Alo Liliweri dan Kosmas Lana jadi Komisaris

Kupang - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Bank NTT untuk Tahun Buku (TB) 2023…

6 hours ago

Jorge Martin Juara MotoGP Prancis, Marquez Salip Bagnaia

Le Mans - Rider Ducati Marc Marquez berhasil menyalib Francesco Bagnaia di lap terakhir MotoGP…

9 hours ago

Mahasiswa PPG Prajabatan Undana dan Komunitas Mangrove Leaf Ajak Anak Kelola Sampah Plastik Melalui Ecobric

Kupang - Salah satu masalah besar yang dihadapi dunia adalah pengelolaan sampah plastik. Sampah plastik…

16 hours ago

Misi Terangi Negeri, PLN Berhasil Menerangi 4 Desa di Pulau Timor

Kupang - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui Unit Pelaksana Proyek…

18 hours ago

Tingkatkan Softskill kekinian, Bakti Nusa Gelar Walk the Talk #2

Bogor - Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa ) Angkatan 13 menggelar Walk the Talk #2…

1 day ago

Polisi Tangkap 2 Pencuri Motor di Kelurahan Oebufu

Kupang - Subnit Jatanras, Restkrim Polresta Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur menangkap dua pencuri sepeda…

1 day ago