PLN NTT Bantu Rumah Pengering Kelor untuk Petani Oematnunu

  • Whatsapp
Foto: PLN NTT

Kupang – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur menyerahkan bantuan dua rumah pengering kelor dan satu unit sumur bor untuk petani di Desa Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Senin (10/8/2020).

Stimulus PLN tersebut diserahkan oleh General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Agustinus Jatmiko kepada Kelompok Tani Kelor Boneana di desa tersebut.

Read More

Rumah pengering kelor berfungsi menampung daun kelor dari masyarakat untuk selanjutnya diolah menjadi daun kelor kering. Selanjutnya, daun kelor kering akan dijadikan bahan baku bagi pembuatan tepung kelor maupun teh kelor.

Baca Juga :  Petani Lembata Enggan Kembangkan Sorgum

“PLN siap mendukung pengelolaan kelor yang merupakan salah satu indentitas NTT dengan semboyan kelor adalah NTT, NTT adalah kelor,” kata Agustinus Jatmiko.

Ketua Kelompok Tani Boneana Abraham Koeslulat mengatakan bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi petani setempat. Pasalnya selama ini, petani belum memiliki rumah pengering kelor yang memadai.

“Rumah pengering dan sumur bor lengkap dengan istalasi air untuk menyiram pohon kelor sehingga sangat membantu petani. Saya yakin pendapatan petani bakal meningkat,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi NTT telah menanam kelor di lahan seluas 100 hektare di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang yang akan dijadikan lokasi penelitian kelor.

Perkebunan itu juga akan menghasilkan daun kelor kering yang diolah untuk kepentingan ekspor. Perkebunan kelor merupakan salah satu program pemerintah daerah mengatasi kekurangan gizi dan stunting, serta menyedikan makanan makanan bergizi bagi warga. (pln/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *