PLN Gelontorkan Rp9 Miliar Terangi 4 Desa di Manggarai

  • Whatsapp
Warga Sambut Listrik Masuk Desa di Manggarai/Foto: PT PLN

Manggarai – Komitmen PT PLN menerangi hingga ke pelosok desa terus berlanjut. Di Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak Maret sampai April 2022, PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores telah menyelesaikan pembangunan jaringan sekaligus melakukan komisioning test atau uji coba operasi jaringan di empat desa di Manggarai.

Empat desa itu ialah Golo Keli dan Golo Poleng di Kecamatan Ndoso Manggarai Barat pada 11 Maret 2022. Selanjutnya Desa Golo Nimbung dan Lencur di Kecamatan Lambaleda, Manggarai Timur pada 28 April 2022.

Read More


General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko mengatakan,” Demi menghadirkan listrik ke 4 desa tersebut, PLN harus membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 19,3 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 30,25 kms , 7 Unit Gardu dengan kapasitas 350 kVA, dengan nilai investasi kurang lebih Rp9 Miliar untuk melistriki 892 KK

Baca Juga :  PLN NTT Hadirkan Listrik di 23 Desa Terpencil

Untuk mewujudkan pembangunan jaringan listrik pedesaan tersebut, tantangan yang dihadapi tidaklah mudah. PLN harus menghadapi masalah geografis dengan medan yang berbatu, melewati jurang dan tebing, curah hujan yang tinggi dan tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Namun tidak menghalangi PLN untuk menempuh tujuan melistriki hingga pelosok.

Jatmiko menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga desa-desa di Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur, bisa menikmati listrik dari PLN. “Keberhasilan PLN mengalirkan listrik keempat desa ini menjadi kado lebaran yang memberikan terang dan memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas serta mendorong roda perekonomian,” tandasnya.

Salah satu warga Desa Golo Poleng, Mikel Minggo yang berprofesi sebagai petani di Desa Golo Poleng mengatakan sangat bahagia dengan masuknya listrik di desanya

Baca Juga :  PLN NTT Salurkan Zakat Penyambungan Listrik Gratis di TTS

“Kami warga Golo Poleng merasa sangat berbangga. Sejak akhir 2021 saat pengangkutan material, hati kami sudah mulai memunculkan perasaan gembira. Kami sampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada PLN sebagai pelaksana telah membawa terang dan terpancar dalam rumah di kampung kami,” ucapnya.

Hal Senada ungkapkan oleh Sebastinus Sales warga desa Golo Nimbung. “Sekarang kami sudah tidak gelap lagi, listrik sudah dekat dan gelap sudah menjauh. Kini listrik dapat membantu kami dalam beraktivitas,” ungkapnya sambil tersenyum. (*/pln)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *