PLN Dukung Petualangan Hijau Touring Motor Listrik dari Jakarta, Labuan Bajo Hingga Bajawa

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang Dalam upaya mendukung transisi energi hijau dan pencapaian target Net Zero Emission 2060, PLN UP3 Flores Bagian Barat menyambut baik kegiatan touring motor listrik dari Jakarta ke Labuan Bajo yang diselenggarakan oleh Komunitas Sepeda/Motor Listrik (KOSMIK) Indonesia.

Komunitas Sepeda/Motor Listrik (Kosmik) Indonesia, merupakan organisasi yang berkomitmen pada promosi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Kosmik rutin mengorganisir acara yang menampilkan keunggulan kendaraan listrik melalui aktivitas langsung seperti touring. Kegiatan ini tidak hanya menguji keandalan kendaraan listrik tapi juga mengedukasi masyarakat tentang potensi besar energi bersih.

Tour yang diselenggarakan mulai tanggal 13 April 2024, berlangsung selama delapan hari yang penuh petualangan. Dimulai dari ibu kota, Jakarta, rombongan peserta touring menempuh perjalanan yang panjang menuju destinasi ke Labuan Bajo dan tiba di Kantor PLN ULP pada tanggal 20 April 2024. Setelah mencapai Labuan Bajo, peserta melanjutkan perjalanan ke Ruteng.

Di Ruteng rombongan berkesempatan untuk beristirahat sejenak dan mengisi daya di Kantor PLN ULP Ruteng dan melanjutkan perjalanan ke kantor PLN ULP Bajawa.

Setelah itu, para peserta kembali ke Labuan Bajo, menandai penutupan dari serangkaian perjalanan yang tidak hanya menantang fisik tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada setiap peserta.

Dengan mendukung inisiatif seperti touring motor listrik ini, PLN tidak hanya menyediakan infrastruktur yang mendukung, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam mencapai target nasional Indonesia untuk Net Zero Emission pada 2060.

General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra mengatakan PLN akan berupaya terus menambah titik SPKLU yang ada di NTT.

“Di NTT sendiri khususnya, PLN UP3 Flores Bagian Barat dari Labuan Bajo sampai Bajawa telah memasang 23 SPLU/SPKLU sejak tahun 2020 dan terus berkomitmen untuk menambah jumlahnya. Fasilitas ini mendukung penggunaan kendaraan listrik di daerah, dimana PLN berperan penting dalam memimpin transisi energi di Indonesia menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan,” ungkap Sindu.

Maman Suparman, anggota senior dan inisiator kegiatan KOSMIK menyampaikan tips penting melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor listrik dan kekagumannya terhadap pemandangan yang ada di Flores.

“Motor listrik tidak hanya membuktikan diri sebagai kendaraan yang tangguh untuk jarak jauh, tapi juga sebagai solusi hemat dan ramah lingkungan. Selama perjalanan, kami menikmati keindahan Flores tanpa khawatir mengenai emisi atau kerusakan yang biasa dikhawatirkan oleh banyak orang,” ujar Maman.

Tips penting untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor listrik :

1. Pemeriksaan Pra-Keberangkatan: Pastikan kondisi motor, khususnya baterai dan ban, dalam keadaan optimal sebelum memulai perjalanan.

2. Pengisian Daya: Manfaatkan SPLU/SPKLU yang tersedia secara strategis di berbagai titik oleh PLN untuk memastikan motor selalu terisi daya.

3. Perencanaan Rute: Rencanakan rute anda dengan mempertimbangkan lokasi stasiun pengisian yang tersedia untuk menghindari kehabisan baterai.

4. Jaga Kecepatan Optimal: Pertahankan kecepatan yang stabil untuk efisiensi baterai yang maksimal.

Kegiatan touring motor listrik seperti ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran publik dan kepercayaan terhadap teknologi kendaraan listrik, serta menegaskan posisi dan komitmen PLN dalam mendukung energi bersih dan hijau di Indonesia. (*/pln/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.