PLN dan Basarnas Edukasi Karyawan Tentang Tanggap Darurat

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang – Bencana alam dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja. Mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi pada saat terjadi bencana alam dan dalam rangka peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024.

PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Flores (UPK Flores) berkolaborasi dengan Badan SAR Nasional (BASARNAS) Maumere melaksanakan sosialisasi atau edukasi serta simulasi tanggap darurat kepada Karyawan-Karyawati PLN UPK Flores, PLN ULTG Flores Timur Gardu Induk Maumere, dan PLN Operasi Sistem II Maumere (Flores Control Center) UP2B Kupang yang dilaksanakan bertempat di Kantor UPK Flores Jl Don Slipi Wailiti Maumere.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengasah kompetensi Tim Tanggap Darurat PLN untuk selalu siap dan tanggap terhadap setiap peristiwa bencana alam yang terjadi serta untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan. Ini meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsian dan pemulihan sarana prasarana.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan, sehingga para karyawan/karyawati PLN sigap dalam situasi darurat.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi setiap bencana alam yang terjadi, kita tidak pernah tahu bahkan tidak menginginkan terjadinya bencana di lingkungan kita, tapi kita perlu waspada dan selalu berjaga-jaga serta selalu mengasah kompetensi kita khususnya Tim Tanggap Darurat yang telah di bentuk,” ungkap Sindu.

Sindu juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Tim Rescue Basarnas Maumere yang telah membantu memberikan eduksi terkait tangga darurat bencana.

“Terimakasih kepada Pimpinan dan Tim Rescue Basarnas Maumere, semua karyawan-karyawati dilingkungan PLN UPK Flores, UP2B Kupang dan UPT Kupang yang berada di Maumere telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan kita juga mengharapkan bahwa kegiatan seperti ini akan selalu berkelanjutan,” tutup Sindu.

Karel Roni Ileng S,E selaku Kasubsie Sumber Daya Basarnas Maumere menyampaikan apresiasinya dan harapan dari kegiatan yang telah terlaksana dengan baik ini.

”Kami sangat berterima kasih kepada PLN yang telah mempercayakan kami untuk dapat berbagi ilmu dengan karyawan-karyawati PLN UPK Flores, tentang apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Kami sangat senang karena kegiatan ini sangat direspon positif oleh semua peserta dan rasa ingin tahu dari pesertapun sangat tinggi dibuktikan dengan antusiasnya peserta dalam sesi tanya jawab, kami juga berharap ke depan kegiatan seperti ini akan berkesinambungan, “Ujar Karel.

Damianus Sono seorang peserta simulasi mengungkapkan, kegiatan simulasi ini sangat bagus karena menciptakan suasana seperti yang sebenarnya terjadi sehingga kita dapat tahu apa yang harus kita lakukan.

“jika menghadapi situasi yang demikian seperti simulasi tadi, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan dan kita juga mendapat ilmu terkait tindakan apa yang harus kita lakukan terhadap korban, seperti patah tulang, pingsan dan lain sebagainya,“ ujar Sono. (*/pln)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.