PLN Berupaya Pulihkan Listrik di Alor

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kalabahi – PT PLN terus berupaya memulihkan secara bertahap gangguan pada sistem kelistrikan Alor.

Sejak tanggal 6 November 2021 pukul 17:00 Wita, terjadi gangguan pada sistem Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Fanating dan PLTD Kadelang.

Hal ini membuat Daya Mampu Pembangkit berkurang, dengan perkiraan beban padam 750 kW sehingga menyebabkan pemadaman bergilir. Beberapa upaya yang dilakukan PLN untuk mengatasi pengurangan Daya Mampu ini di antaranya penambahan 3 Unit Genset Mobile dengan total Kapasitas 450 kVA pada tanggal 7 November 2021 lalu.

Dengan tambahan Genset Mobile yang diletakkan dibeberapa Gardu ini PLN berhasil Meningkatkan Daya Mampu 6,2 MW dari Beban Puncak 6 MW serta memulihkan wilayah padam di Kopidil, Lawahing, Alila Selatan, dan Otvai.

Baca Juga :  IAI NTT Dampingi Kabupaten dan Kota Refocusing APBD untuk Korona

Selanjutnya, Dulolong, Lewalu, Ampera, Lefokisu, Hulnani, Bampalola, Alor Besar, Sabanjar, Hula, Aimoli, Kokar, Bota, Bearuhing, Tulta, Mainang, Petleng, Selamat Jalan, Wolatang, Maimol, Bujanta, Mali, Pante Dere Ilawe, Ebung, Benlelang, Sibone, Likuatang, Kafakbeka, Luba, Atengmelang, Lembur, Alemba, Nailang, Bukapiting, Pumai, Kamot.

Kemudian Moru, Morba, Maiwal, Pintu Mas, Wolwal, Wolwal Tengah, Wolwal Barat, Watakika, Matap, Lola, Habolat, Probur, dan beberapa wilayah kota Kalabahi.

“Hingga saat ini kami terus berupaya memulihkan kelistrikan di Alor. Sebanyak 23 Personil PLN diturunkan untuk percepat penormalan dari PLN ULPL Kupang, UPK Timor dan PLN ULP Kalabahi. Tanggal 10 November 2021 pukul 18:30 Wita, PLN telah berhasil memulihkan seluruh sistem penyulang yang terdampak. Sampai saat ini, sebanyak 40.649 pelanggan telah menikmati listrik kembali dengan normal,” tutur Manager PLN ULP Kalabahi Josep M Tambunan.

Baca Juga :  Tanpa Surat Bebas Korona Jangan Melintas di Ngada

Josep menambahkan, pihaknya terus berupaya menormalkan sistem kelistrikan baik dengan melakukan penambahan mesin dari luar dan perbaikan mesin eksisting yang ada di Kalabahi sehingga seluruh masyarakat dapat Kembali menikmati listrik dengan Handal.

“Atas ketidaknyamanan yang dialami Pelanggan, PLN memohon maaf yang sebesar-besarnya. Mohon doa dan dukungan agar distribusi listrik bagi pelanggan tetap Handal,” jelas Josep. (*/pln)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *