Pinguin Ini Rela Berenang 8.000 Km Demi Kunjungi Penyelamatnya

  • Whatsapp
Pinguin Bertemu Joao/Copyright: Globo TV

Argentina—Mengharukan. Seekor Pinguin Magellanci berenang 8.000 kilometer (km)  setiap tahun demi mengunjuni Joao Pereira De Souza, orang yagn menyelamatkannya dari maut.

Penguin ini diselamatkan oleh pensiunan tukang batu dan nelayan paruh waktu Joao Pereira de Souza. Pria 71 tahun ini tinggal di desa sebuah pulau di luar Rio de Janeiro, Brasil. Tahun 2011, dia menemukan seekor penguin kurus yang terbaring di bebatuan di pantai lokal. Penguin ini diselimuti minyak dan nyaris mati.

Setelah satu minggu, dia merasa Dindim sudah cukup sehat dan kuat untuk kembali ke laut. Dia berusaha melepas penguin itu kembali ke laut, namun ternyata Dindim tak mau pergi.

“Dia tinggal bersama saya selama 11 bulan dan setelah mantel bulunya berganti, dia menghilang,” kata Joao sambil mengingat kembali.

Baca Juga :  Mantan Pemimpin Gerilya Timor Leste Tewas Tertembak

Kini, setelah beberapa bulan, Dindim kembali. Dia menemukan pria penyelamat hidupnya di pantai. Dindim pun mengikutinya sampai ke rumah.

“Semua orang mengatakan kalau dia tak akan kembali, tapi dia kembali mengunjungi saya selama empat tahun terakhir,” ucapnya.

“Saya sangat menyayangi penguin ini seperti anak sendiri. Dan saya percaya penguin ini juga sayang saya,” kata Joao seperti diberitakan Globo TV.

Dindim tinggal di rumah Joao selama delapan bulan setiap tahunnya. Saat tak tinggal di rumah Joao, dia diperkirakan menghabiskan waktunya untuk berkembang biak di pantai di Argentina atau Chile. Sesekali dia pergi ke pantai untuk sekadar membasahi bulunya. Namun dia tetap kembali ke rumah Joao.

Baca Juga :  Malaysia Deportasi 56 Pekerja Migran Ilegal asal NTT

“Dia datang di bulan Juni dan pulang ke rumahnya di bulan Februari. Dan tiap tahun dia datang, dia semakin sayang dan bahagia untuk bertemu saya.”

“Tak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk menyentuhnya. Dia mematuknya jika mereka nekat (menyentuh). Tapi dia tidur di pangkuan saya, membiarkan saya memandikannya, membiarkan saya untuk memberinya makan sarden dan untuk mengangkatnya.”

Ahli biologi, Profesor Krajewski mengatakan kepada The Independent bahwa mereka tak pernah melihat hal ini sebelumnya. Dia mengatakan bahwa penguin ini percaya bahwa Joao adalah bagian dari keluarganya, dan juga sebaliknya.

“Ketika penguin itu melihat Joao, dia membuntutinya seperti anjing dan mengeluarkan suara yang gembira.” (dari globo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *