Pesawat Merpati Berhenti Terbang di NTT?

  • Whatsapp
Merpati/Foto Gamaliel
Merpati/Foto Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines dari Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ke sejumlah bandara¬† di daerah itu mulai Senin (27/1) dihentikan sementara akibat low season.

Rute penerbangan yang dihentikan itu ialah Kupang-Waingapu, Kupang-Tambolaka, Kupang-Alor, Kupang-Bajawa, Kupang-Maumere, Kupang-Ende, dan Kupang-Denpasar. “Sejumlah aktivitas penerbangan Merpati dikurangi karena low season,” kata Kepala PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Imam Pramono saat dihubungi wartawan.

Imam belum tahu sampai kapan penerbangan Merpati dibuka kembali. Pasalnya selama akhir Januari sampai Februari, penerbangan di Nusa Tenggara Timur memasuki masa low season. Bahkan pesawat Merpati rute Denpasar-Kupang pp sudah berhenti operasi sejak pekan lalu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan manajemen Merpati mengalami kendala keuangan karena pendapatan Merpati dari setiap penerbangan tidak dapat menutupi biaya operasional. Salah kendalanya ialah jumlah penumpang pesawat berkurang drastis.

Misalnya untuk rute Kupang-Maumere, Kabupaten Sikka pp, anggaran yang dikeluarkan untuk avtur mencapai Rp31 juta, belum termasuk ongkos lainnya seperti perawatan pesawat. Padahal pendapatan yang diperoleh dari penjualan tiket jauh di bawah jumlah tersebut. Kondisi ini yang mengakibatkan Merpati rugi.

Kepala Pertamina Cabang Pemasaran Kupang Ronny Anthoko mengatakan pihaknya tetap mendistribusikan avtur ke seluruh pesawat termauk pesawat Merpati, sehingga penghentian sementara penerbangan tersebut tidak terkati persoalan avtur.

Manager PT Merpati Nusantara Airlines Kupang Djibrael de Kock sampai berita ini diturunkan, belum berhasil dihubungi untuk menjeleskan alasan penghentan sementara penerbangan tersebut. (gba)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.