Peringati Bulan K3, PLN UIW NTT Gelar Upacara

  • Whatsapp
Foto: PLN NTT

Kupang–PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar ‘Apel Bersama Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional 2019’ di halaman kantor PLN, Senin (28/1/2019).

PLN sebagai perusahaan yang mengutamakan safety, selalu memperingati Bulan K3 Nasional jatuh pada 12 Januari.

Apel ini dilaksanakan untuk menguatkan pemikiran seluruh elemen pegawai di setiap unit PLN tentang komitmen akan pentingnya penerapan K3 untuk menghindari kecelakaan kerja.

Tema peringatan bulan K3 tahun ini ialah ‘Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional.’

General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko‎ yang memimpin apel tersebut, mengajak seluruh stakeholder (pengusaha, Serikat Pekerja, pekerja dan masyarakat) terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan.

Baca Juga :  Pagi Ini, ASN NTT Masuk Kantor dengan Sistem Shift

“Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat dan ini mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional,” kata Yoko, panggilan Ignatius Rendroyoko.

Terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan mencatat sepanjang 2018 terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalu lintas pada perjalanan pekerja menuju tempat kerja, serta perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggal.

Tujuan K3 tidak hanya memberikan perlindungan tenaga kerja dan orang yang berada di tempat kerja, tetapi juga bagaimana mengendalikan risiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien.

Baca Juga :  PPNK Gelar PKM di Kupang Timur

Di penghujung acara, pembina apel dan manajemen PLN UIW NTT melakukan inspeksi peralatan kerja seperti mobil operasional, stick 20 kV, tools, tangga, rambu-rambu penanda pekerjaan dan alat pelindung diri yang terdiri dari: helm, rompi, sepatu safety, sabuk pengaman dan kacamata. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *