Peringati Bulan K3 Nasional, PLN Gelar Lomba Fire Drill

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang – Memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur menggelar lomba pemadam kebakaran (fire drill) yang diikuti peserta dari PLN Group se-NTT.

Kegiatan lomba pemadam kebakaran ini melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang dan merupakan rangkaian kegiatan PLN dalam rangka kampanye peduli K3 di lingkungan kerja PLN UIW NTT.

Kegiatan penanggulangan kebakaran berlangsung di halaman parkir Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bolok yang diikuti oleh 16 tim berjumlah 6 Orang perwakilan dari seluruh Unit Pelaksana di lingkungan PLN UIW NTT dan di tim penilai dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang.

General Manager PLN UIW NTT, I Gede Agung Sindu Putra menjelaskan kegiatan lomba damkar ini untuk melatih kesiapan personil PLN dalam segala kondisi di tempat kerja.

“Seluruh tim beradu aksi dan kesigapan menghadapi beragam tantangan pemadaman api sekaligus berpacu dengan ketepatan waktu. Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan seluruh insan PLN agar selalu siap dalam segala kondisi lingkungan kerja. Kegiatan ini merupakan salah satu program K3 dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” jelas Sindu.

Dari lomba ini, diharap tercipta sinergi dan tanggungjawab bersama antar seluruh unit kerja dalam menjaga aset perusahaan dari kerugian akibat kebakaran. Kegiatan ini sekaligus menjadi bekal untuk langkah penanggulangan kebakaran yang bisa saja terjadi di lingkungan Perusahaan.

Lomba pemadam kebakaran kali ini menghadirkan tantangan yang wajib dilalui seluruh tim dalam waktu 10 menit, diantaranya kecepatan dan ketepatan dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), memindahkan ban serta penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan terakhir pemadaman api menggunakan hydrant.

Mewakili Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Drs. Mesakh Revael Bailaen selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang menyambut baik kegiatan yang dilaksanan PLN.

“Kegiatan yang sangat bermanfaat, pegawai dapat mengantisipasi dan meminimalisir tingkat kerugian jika terjadi kebakaran, dan ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengoperasian sistem proteksi kebakaran yang tersedia di tempat kerja masing-masing,” Ujar Mesakh.

Ditambahkannya, PLN adalah objek vital yang perlu mendapat perhatian khusus, karena operasionalnya berdampak kepada masyarakat luas.

“PLN adalah objek vital yang perlu mendapat perhatian khusus, sehingga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan maka akan tercipta sinergitas, pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi situsi-situasi darurat,” tutup Mesakh.

Bulan K3 Nasional berlangsung setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2024. PLN secara menyeluruh melaksanakan kegiatan K3 dengan mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. (*/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.