Perahu Nelayan Berpenumpang 6 Orang Hilang di Laut Timor

  • Whatsapp
Ilustrasi /Foto: SAR Kupang

Kupang–Perahu nelayan Naga Laut yang mengangkut enam nelayan dilaporkan hilang saat melaut di perairan selatan Laut Timor.

Kepala Kantor SAR Kupang Gede Ardana di Kupang, Selasa (23/5) mengatakan pihaknya telah menerima laporan hilangnya perahu itu dari keluarga nelayan sejak Senin (22/5).  “Kami langsung mengeluarkan maklumat pelayaran kepada stasiun navigasi untuk minta bantuan karena saat ini lokasi hilangnya kapal belum diketahui,” katanya kepada wartawan.

Read More

Keluarga nelayan sudah melakukan pencarian terhadap perahu tersebut hingga perbatasan perairan Timor Leste sebelum melapor ke Kantor SAR Kupang.

Baca Juga :  Rizal Ramli Mengenang Bung Karno di Taman Kota Larantuka

Informasi yang diterima keluarga nelayan menurut Gede, para nelayan di kapal hilang kontak sejak berangkat melaut 4 Mei 2017. “Biasanya mereka melaut selama 20 hari baru kembali, tetapi sejak melaut sampai saat ini tidak ada kontak,” ujarnya. Karena itu keluarga nelayan ramai-ramai datang ke kantor SAR untuk minta bantuan.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Nusa Tenggara Timur Abdul Wahab Sidin mengatakan sesuai Surat Laik Operasi (SLO) dengan batas waktu melaut selama 10 hari.

Dengan demikian, perahu seharusnya sudah kembali ke Kupang sejak 14 Mei lalu. “Tetapi sampai saat ini belum ada kabar,” ujarnya.

Perahu dengan enam gross tonnage (GT) tersebut dinakhodai Melki Dapa. Dia mengatakan mereka khawatir terhadap keselamatan enam nelayan. Dia berharap bantuan Kantor SAR Kupang untuk menemukan rekan-rekan mereka dengan selamat. “Kami berharap mereka tidak terjadi apa-apa hingga ditemukan,” ujarnya. (sumber: MI/palce)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *