Pengambilan Sampel di Asteroid Bennu Selesai, Pesawat Nassa Kembali ke Bumi

  • Whatsapp
Foto : Nassa

PESAWAT Nassa, IRIS-REx (Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification, Security, Regolith Explorer) selesai mengumpulkan sampel debu dan batuan di asteroid Bennu dan telah kembali ke Bumi sejak 10 Mei 2021 pukul 04.00 sore.

Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan tiba di Bumi pada 24 September 2023, setelah mengorbit Matahari dua kali, atau melakuan penerbangan lebih dari dua tahun.

Iris-Rex diluncurkan sejak 2016 dan tiba di Bennu pada 2018. Saat ini pesawat dalam perjalanan pulang dengan membawa muatan penuh potongan astroid yang berharga. Para ilmuwan dapat mempelajari untuk memahami bagaimana asteroid, dan tata surya kita, terbentuk.

Seperti dikutip dari indiatvnews.com, pesawat ruang angkasa itu menembakkan mesin utamanya dengan kecepatan penuh selama tujuh menit, mendorong pesawat menjauh dari asteroid dengan kecepatan 600 mil per jam atau hampir 1.000 km per jam, menempuh perjalanan selama 2,5 tahun menuju Bumi.

Baca Juga :  Anjing Terjebak di Rongga Pohon Selama 60 Tahun, Tubuhnya Masih Utuh

Setelah tiba di Bumi, pesawat akan melespaskan kapsul sampel, selanjutnya, OSIRIS-REx akan menyalakan mesinnya untuk terbang di atas Bumi dengan aman, menempatkannya pada lintasan untuk mengelilingi matahari di dalam orbit Venus.

“Banyak pencapaian OSIRIS-REx menunjukkan keberanian dan inovasi cara eksplorasi berlangsung secara real time,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk sains di Markas NASA. (indiatvnews.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *