Pemerintah Tetapkan 5 Top Event Pariwisata NTT

  • Whatsapp
Ilustrasi: Panorama Labuan Bajo dari Udara/Foto: Lintasntt.com

Kupang–Kementerian Pariwisata telah menetapkan lima top calender of event Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) 2018.

Satu di antara lima top event itu sudah digelar pada 1 Juni 2018 yakni Festival Kebangsaan di Kabupaten Ende.

Read More

Empat top even lagi ialah Festival Komodo di Manggarai Barat, Festival Fulan Fehan di Kabupaten Belu, Tour de Flores (TdF) di Flores, dan Festival 1.001 kuda bersama Parade Tenun Ikat di Pulau Sumba.

“Penetapan top even ini merupakan pengakuan nasional terkait gencarnya pertumbuhan pariwisata NTT dalam beberapa tahun terakhir,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu dalam jumpa pers di Kupang, Senin (2/7) siang.

Baca Juga :  Gadis Sabu Mewakili NTT di Pemilihan Putri Indonesia

Untuk Parade 1.001 Kuda digelar di dua kabupaten yakni Sumba Barat mulai 7-8 Juli dan Sumba Timur mulai 11-14 Juli. Kegiatan tersebut terintegrasi dengan ‘Tur Tana Humba’ yang digelar anak-anak Sumba di perantauan.

“Mereka membawa banyak orang mengikuti tur sehingga sangat positif karena banyak wisatawan akan datang ke Sumba,” ujarnya.

Dengan lima top even tersebut, menurut Dia, NTT telah memiliki branding internasional yang sangat kompetetif di dunia. “Ini salah satu cara kita mempromosikan NTT mulai dari ekonomi kreatifnya serta potensi di darat dan bawah laut,” katanya.

Untuk menjaga citra NTT di dunia internasional, Marius minta masyarakat menjaga keamanan dan kebersihan di lokasi-lokasi wisata sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini merasa nyaman.

Baca Juga :  Dukung Pariwisata NTT, Lion Air Buka Rute Surabaya-Labuan Bajo

Marius juga mengusulkan kepada pemerintah membuka penerbangan terkoneksi antar 10 destinasi ‘Bali Baru’ yang ditetapkan pemerintah terutama empat destinasi prioritas yakni Labuan Bajo, Danau Toba, Candi Borobudur, dan Mandalika.

Menurutnya sejumlah maskapai mulai melirik rute-rute ke lokasi tersebut seperti Lion Air, Wings Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia. Untuk rute Kupang-Lombok dan Surabaya-Labuan Bajo sudah diterbangi Pesawat Wings Air. “Rute Surabaya-Labuan Bajo melengkapi 26 penerbangan Denpasar-Labuan Bajo setiap hari,” ujarnya. (gma/sumber: mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *