Pelindo III Tenau Terapkan Pelabuhan Digital Percepat Bongkar Muat

  • Whatsapp
Pelabuhan Peti Kemas Tenau, Kupang, NTT. Foto: Lintasntt.com

Kupang–Layanan administrasi dan operasional PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo) Tenau, Kupang, NTT saat ini sudah berbasis digital.

Penerapan pelabuhan digital sudah berlangsung sejak September 2019, untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan serta jasa kepelabuhanan. “Pelabuhan digital juga untuk persiapan bongkar-muat bahan kebutuhan pokok pada Desember dan tahun baru,” kata General Manager PT Pelindo III Tenau. Baharuddin di Kupang, Jumat (1/11).

Read More

Sejak menjadi pelabuhan digital, bongkar muat di pelabuhan itu lebih cepat dari biasanya. Dalam satu jam, kontainer yang dikeluarkan dari kapal mencapai 26 boks dari sebelumnya mengunakan sistem manual sebanyak 18 boks. “Antrean kapal di pelabuhan juga tidak ada lagi,” tambah Baharuddin.

Baca Juga :  Jetstar Asia-L3 CTS Perkenalkan Program Pelatihan Kadet Pilot  

Dia mencontohkan, Kapal Motor Maratus yang mengangkut 1.200 kontainer, ketika masih mengunakan sistem manual, aktivitas bongkar-muat membutuhkan waktu selama tiga hari. “Sekarang 1,5 hari sudah selesai bongkar,” katanya.

Dengan sistem digital, transaksi keuangan juga tidak lagi mengunakan uang tunai. Selain itu, pengusaha yang mengajukan permohonan pembongkaran peti kemas, tidak perlu datang ke pelabuhan, tetapi cukup mengajukan permohonan online dan melunasi pembayaran secara digital. “Dia cuma print delivery ordernya kemudian diserahkan kepada sopir untuk dibawa ke pelabuhan,” ujarnya.

Untuk bongkar mulai 1 November, Pelindo III Tenau mengoperasikan alat baru bernama Reach Stacker (RS) yang untuk mempercepat aktivitas bongkar muat, selain sejumlah Rubber Tyred Gantry atau alat bongkar muat kontainer yang dioperasikan di lapangan penumpukan kontainer, serta dua container crane (CC)
untuk menurunkan dan menaikan kontainer ke kapal.

Baca Juga :  Pelindo III Tenau Kupang Gelar Simulasi Jelang New Normal

Sebagai pelabuhan internasional, menurut Dia, Pelabuhan Tenau juga sudah memiliki sertifikat jaminan keamanan dari Kementerian Perhubungan sehingga bisa menjadi tempat sandar kapal-kapal asing. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *