Pelindo III Tenau Kupang Gelar Simulasi Jelang New Normal

  • Whatsapp
Simulasi Melibatkan TNI, Polisi, dan Satpol PP/Foto: lintasntt.com

Kupang – Jelang pemberlakuan New Normal, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (5/6) menggelar simulasi pemeriksaan kesehatan penumpang yang turun dari kapal

Simulasi melibatkan 60 petugas dari TNI Angkatan Darat, Polisi, Satpol PP, petugas kesehatan dan pegawai PT Pelindo III Tenau, dipimpin Dandim Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP.

Read More

“Simulasi ini membantu petugas yang akan memeriksa penumpang yang turun dari kapal saat era new normal,” kata General Manager PT Pelindo III Tenau Kupang, Erry Ardianto.

Baca Juga :  Ini Kondisi Terkini 9 Pasien Positif Korona di NTT

Menurutnya seluruh penumpang akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan sebelum keluar dari pelabuhan. Penumpang akan turun satu per satu dengan tetap menjaga jarak aman minimal satu meter menuju terminal kedatangan.

Di pintu keluar menuju terminal, menunggu dua petugas yang akan menyemprot seluruh barang bawaan dengan disinfektan.

Dari sana, mereka menuju tempat cuci tangan sebelum masuk ke terminal untuk bertemu petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP) untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mengikuti wawancara singkat adn mengisi kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC).

  General Manager PT Pelindo III Tenau Kupang, Erry Ardianto (kiri) bersama Dandim Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP (kanan). Foto: lintasntt.com

General Manager PT Pelindo III Tenau Kupang, Erry Ardianto (kiri) bersama Dandim Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP (kanan). Foto: lintasntt.com

Penumpang yang hasil pemeriksaan suhu tubuh normal, langsung diperbolehkan pulang. Namun, sebelum naik kapal mereka masih harus masuk ke bilik disinfektan yang ditempatkan di tempat parkir kendaraan. Lain halnya, jika suhu tubuh penumpang tinggi, akan dievakuasi dengan ambulans ke rumah sakit.

Baca Juga :  Waspada, Transmisi Lokal Covid-19 di Kota Kupang Terus Bertambah

Menurutnya, jelang new normal, Pelindo III Tenau tetap memperketat pemeriksaan kesehatan mengikuti protokol kesehatan.

Dia juga minta penumpang mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan dan tidak panik. Sebaliknya, penumpang yang akan berangkat melalui Pelabuhan Tenau, selain memperlihatkan tiket dan kartu tanda penduduk (KTP), juga wajib menyertakan surat nonreaktif rapid test. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *