Pagi Ini, BMKG Buka Sekolah Lapang Iklim di Kupang Tengah

  • Whatsapp
Ilustrasi SLI di NTB Tahun 2014/Foto: BMKG

Kupang–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuka Sekolah Lapang Iklim (SLI) III di Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

SLI dibuka Senin (6/3) berlangsung selama tiga bulan akan memberikan pemahaman kepada petani mengenai perubahan iklim untuk menyesuaikan dengan pola tanam. Kegiatan ini akan dibuka oleh Kepala BMKG Andi Eka Sakya, dan dihadiri Ketua Komisi V DPR Fary Francis.

Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, July Setyanto mengatakan masih menguatnya pengaruh El Nino di sebagian daerah di NTT saat ini perlu dipahami petani.

“Petani akan diberi pemahaman supaya mereka mensiasati iklim, pola menanam, pemupukan yang seimbang, pemilihan benih unggul, dan semua hal yang ada hubungannya dengan iklim,” kata July kepada lintasntt.com Kupang, Senin (7/3) pagi.

Baca Juga :  Korban Tewas Gempa Lombok 82 Orang

Sebanyak 25 petani mengikuti kegiatan ini menurut July, akan menerima materi di kelas yang dilanjutkan dengan praktek di lapangan. Dia mengatakan petani akan menggunakan inforamsi iklim dari BMKG sebelum mengambil keputusan bercocok tanam.

Di sekolah lapang iklim, petani juga diajarkan tentang alat pengukur curah hujan (umbrometer) dan alat pengukur tekanan suhu dan tekanan udara (viskrometer). (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *