Oymyakon, Desa Terdingin di Dunia Bersuhu Minus 67,8 Derajat Celcius

  • Whatsapp
Souce: demilked.com

Rusia – Suhu terendah di Oymyakon, desa berpenduduk sekitar 500 jiwa di Republik Shaka, Rusia mencapai -67,8 derajat celcius.

Suhu sebesar itu terendah dibandingkan suhu kota-kota lainnya di dunia. Bahkan, pada 1924, suhu di sana pernah turun sampai minus 71 derajat celcius.

Dikutip dari travelerstoday, Oymyakon terletak di dasar lembah dan dikelilingi oleh pegunungan tinggi.

Ketika banyak orang mengeluh soal musim dingin, mungkin terkejut jika bepergian ke Oymyakon. Jaraknya dua hari berkendara dari bandara Yakutsk, masih di wilayah Republik Sakha.

Orang-orang mendiami Oymyakon sejak 1920an. Mereka adalah pengembala rusa kutub yang menjaga rusa di dekat mata air panas untuk menjaga badan rusa tetap hangat.

Baca Juga :  Alor, Surga di Timur Matahari

Keberadaan mata air panas itulah yang merupakan cikal bakal lahirnya nama Oymyakon yang dalam Bahasa Rusia diterjemahkan sebagai Air yang Tidak Beku. Tetapi, sekarang semuanya membeku.

Sedangkan The Telegraph menyebutkan suhu rata-rata di Oymyakon adalah sekitar -37 hingga -50 derajat Celcius. Malam sangat panjang yakni selama 21 jam, dingin dan gelap tetapi orang-orang sudah terbiasa dengan suasana seperti itu.

Karena cuaca yang sangat dingin, musim tanam sangat singkat sehingga orang terpaksa “menanam” ternak. Makanan utama penduduk ialah ikan, daging kuda, rusa dan susu.

Fakta menarik lainnya musim panas di Oymyakon berlangsung singkat antara 15-25 derajat Celcius yang sebenarnya cukup hangat. Ini juga aneh karena penduduk setempat mengeluh tentang kehangatan di musim panas.

Baca Juga :  TNI AU Tunggu Komando Gelar Operasi Pembebasan Sandera di Filipina

Biasanya pada akhir musim dingin, mereka menggelar Festival Kutub Dingin dan stiap Maret menggelar balapan rusa kutub, naik kereta luncur anjing, dan memancing di es.

Dengan suhu yang sangat dingin, jangan harap ada sinyal telepon di sana, menjadikan daerah ini sebuah tempat yang tidak mudah dijadikan tempat bermukim. Bahkan untuk menjaga agar mobil tidak mati, mereka rela menyalakan mesin mobil selama 24 jam.

Selain itu, toilet dibangun di luar rumah tanpa pipa karena membeku. Bagaimana? tertarik berkunjung ke desa terdingin di dunia? (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *