NTT Siap Gelar Aqua Danone Nation Final di Lapangan Bintang Timur Atambua

  • Whatsapp
ILUSTRASI: Lapangan Futsal milik SSB Bintang Timur/Foto: Stanley Fanggidae

Kupang–Maestro Sport sebagai penyelenggara turnamen sepakbola U-12, Aqua Danone Nation Cup (DNC) 2020 menetapkan 12 lokasi kualifikasi di Indonesia.

Provinsi NTT yang menjadi salah satu lokasi yang ditetapkan ini akan menggelar kualifikasi tingkat Provinsi NTT di Lapangan SSB Bintang Timur Atambua, pada 27-28 Juni 2020.

“NTT sudah siap gelar. Terima kasih kepada Maestro Sport yang kembali menetapkan NTT sebagai penyelenggara kualifikasi. Sebelumnya NTT harusnya bergabung di Bali bersama NTB. Namun berkat perjuangan dan loby, NTT akhirnya sendiri. Ini menjadi tantangan bagi kita untuk bisa menggelarnya dengan baik dan sukses,” ujar Koordinator Aqua DNC NTT, Sipri Seko di Kupang, Rabu (5/2).
Dikatakannya, sesuai penetapan dari Maestro Sport, wilayah NTT dibagi menjadi dua zona, yakni Atambua dan Kota Kupang. Wilayah Atambua, jelasnya, meliputi Kabupaten Belu, Malaka, TTU dan Alor.

Sementara wilayah Kota Kupang meliputi, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, Rote Ndao, Sabu Raijua, Lembata, seluruh Flores dan seluruh Sumba.

Baca Juga :  Fabio Quartararo Gantikan Rossi di MotoGP 2021

“NTT dibagi dalam dua zona. Jadi nanti saat pendaftaran secara online dibuka, tim peserta di wilayah atau kabupaten yang sudah ditetapkan ini tinggal memilih zonanya. Karena wilayah NTT sangat luas dan terdiri dari pulau-pulau, maka untuk teknis prakualifikasi akan diatur tersendiri. Misalnya di Flores kita gelar di dua atau tiga titik, di Sumba, Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua,” jelasnya.

Untuk prakualifikasi di tingkat kabupaten/kota, jelasnya, akan digelar dipada 12-14 Juni 2020. Untuk Zona Kota Kupang, jelasnya, diberi kuota peserta maksimal 100 klub sedangkan Zona Atambua sebanyak 50 klub. Dia menyebut beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh klub peserta, yakni soal usia pemain, yakni kelahiran 2008 dan 2009. Di luar itu, tegasnya, tidak diakomodir dalam pertandingan.

Baca Juga :  Jorge Lorenzo Pindah ke Ducati?

“Waktu persiapan kita masih panjang. Untuk itu kita harapkan klub yang mau ikut bisa segera mempersiapkan diri dengan baik, bukan hanya soal pemain tetapi pendanaan. Soalnya, akan digelar di Atambua sehingga membutuhkan anggaran yang besar seperti transportasi, konsumsi, penginapan dan lainnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, kualifikasi Aqua DNC di NTT tahun ini adalah yang ketigakalinya. Sebelumnya NTT bergabung dengan Bali dan NTB untuk mengikuti kualifikasi di Denpasar. Dengan penetapan sebagai wilayah sendiri, maka juara dari NTT langsung bermain di final nasional di Jakarta.

“Jadi kita memang patut bersyukur karena NTT bisa sendiri untuk turnamen yang oleh banyak orang bisa disebut sebagai piala dunia mini. Daerah lain gabung dua sampai empat provinsi untuk ikut kualifikasi. Untuk itu, kita semua mesti menyukseskan event ini,” tegasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *