NTT Dapat Tambahan 1 Kota dan 7 Kabupaten Baru

  • Whatsapp
Peta NTT

Kupang–Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan memekarkan tujuh kabupaten dan satu kota baru mulai 2017.

Tujuh kabupaten dan satu kota baru itu ialah Adonara, Amfoang, Amanatun , Pantar, Pahungga Lodu, Sumba Selatan, Sumba Timur Jaya, dan Kota Maumere.

“Ada delapan usulan calon daerah persiapan di NTT sudah dikirim ke pemerintah pusat,” kata Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno dalam jumpa pers akhir tahun di Kupang, Rabu (7/12/2016).

Dengan tambahan kabupaten baru dan kota tersebut, jumlah kota di NTT akan menjadi dua yakni Kota Kupang dan Kota Maumere, sedangkan kabupaten akan bertambah menjadi 28 dari saat ini 21 kabupaten.

Pemekaran kabupaten tersebut bertujuan mempercepat pemerataan pembangunan dan penduduk serta meningkatkan ekonomi dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Abu Gunung Sangiang Menyelimuti 4 Kabupaten di NTT

Menurut Anwar, pemerintah telah menerapkan moratorium pemekaran daerah, namun kebijakan itu dilakukan secara selektif. Karena itu ia harapkan calon daerah persiapan itu diproses pemerintah tahun depan.

“Calon daerah persiapan itu membutuhkan waktu selama tiga tahun,” ujarnya.

Jumpa pers tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Nelson Matara dan Ketua Komisi V DPRD NTT Winston Rondo. Anwar menilai pemekaran tersebut berkah bagi Nusa Tenggara Timur karena akan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *