Menkes Minta FAN Kembangkan Metode Pool Test di Provinsi Lain

  • Whatsapp

Kupang – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin minta pakar biomolekuler dari Forum Academia NTT (FAN), mengembangkan metode pool test di daerah lain di Indonesia.

Pool test sebagai metode surveilans sekolah yang dirintis Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat (Biokesmas) NTT mendapat apresiasi dari Menkes webinar yang membahas tentang metode pool test tersebut, Jumat (27/8/2021).

Read More

Webinar dihadiri sekitar 20 pakar termasuk pakar biomolekuler dari FAN yang menginisiasi pendirian Lab Biokesmas sejak 2020 yakni Fima Inabuy dan Alfredo Kono, Dominggus Elcid Li dan Ermi Ndun.

“Bu Fima jangan hanya memperhatikan dan bekerja untuk wilayah NTT tetapi juga mendesain program serupa, khususnya surveilans berbasis pool test di berbagai institusi pendidikan untuk wilayah Indonesia,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga :  Jumpa Pers Korona di Kupang Libatkan Penerjemah Bahasa Isyarat

Selanjutnya, Fima yang juga ketua Lab Biokesmas mengatakan “Tapi syaratnya kami dibantu dengan peralatan Pak Menkes,” kata Fima. Menkes kemudian bertanya apa saja yang dibutuhkan.

Menkes janji Lab Biokesmas NTT mendapatkan bantuan alat tambahan untuk semakin mengembangkan laboratorium tersebut.  Untuk itu, lab yang diresmikan Mantan Menkes Terawan pada 16 Oktober 2020 ini, akan dipindahkan dari RS Universitas Nusa Cendana Kupang

Menurut Fima, Laboratorium Biokesmas NTT fokus pada skema pencegahan di masa kedaruratan dan diprioritaskan bagi warga yang paling membutuhkan, untuk memberikan kesempatan kepada Undana lebih laboratorium lainnya lebih fokus mengembangkan laboratorium klinis yang dipimpin seorang dokter patologi klinis.

“Metode pool test sebagai teknik surveilans yang dikembangkan oleh para ahli biomolekuler di
lab ini merupakan strategi yang dirancang oleh para ahli kesehatan masyarakat dan ahli
biomolekuler yang tergabung dalam FAN. Perbedaan konsep laboratorium ini membutuhkan
tim kerja yang berbeda, karena tujuannya berbeda,” tandasnya.

Baca Juga :  Gubernur NTT Akan Tutup Warung di Oesapa Jika Tidak Bersihkan Sampah

Selama masa persiapan pemindahan lokasi operasional Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat NTT, pelayanan qPCR Pool Test, tetap dijalankan seperti biasa.

Untuk mengakses dan melakukan pemeriksaan, warga silahkan melakukan pendaftaran ke Bagian Humas Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat NTT di nomor WA: 081339195746. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *