Mengenal Elon Musk, Pengusaha Amerika yang Ditemui Jokowi

  • Whatsapp
Jokowi Bertemu Elon Musk/Twitter Jokowi

Washington – Banyak media di Indonesia memberitakan Elon Reeve Musk setelah ditemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan terakhir ditemui Presiden Jokowi di Space X, Boca Chica, Amerika Serikat.

Sebelumnya, pada 25 April 2022, Elon Musk membeli Twitter seharga Rp634 triliun. Elon Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ayahnya berasal dari Afrika Selatan dan ibu dari Kanada.

Pada 1988, ia pindah ke Kanada. Menempuh pendidikan di Queen’s University di Kingston, Ontario. Tetapi pada 1992 ia pindah ke University of Pennsylvania, Philadelphia dan meraih gelar sarjana bidang fisika dan ekonomi pada 1997.

Elon Musk sempat menempuh pendidikan pascasarjana bidang fisika di Universitas Stanford di California, tetapi tidak menyelesaikan pendidikannya. Berikut, sejumlah penemuan Elo Musk yang menggeparkan dunia.

1. Blaster

Saat berusia 12 tahun atau pada tahun 1981, ia membuat video game bernama ‘Blastar’ yang dijual seharga US$ 500 atau Rp6.777.500.

2. SpaceX (Space Exploration Technologies).

SpaceX adalah perusahaan pembuatan roket, didirikan pada 2002.
Roket pertama yang diluncurkan adalah Falcon 1 pada 2006 dan Falcon 9 diluncurkan pada 2010.

Kedua roket itu dirancang dengan biaya jauh lebih murah daripada roket pesaing.

Roket ketiga, Falcon Heavy diluncurkan pada 2018 yang dirancang untuk membawa 117.000 pon (53.000 kg) ke orbit. Roket itu hampir dua kali lipat dari pesaing terbesarnya, Delta IV Heavy dari Perusahaan Boeing.

Kemudian, SpaceX telah mengumumkan penerus Falcon 9 dan Falcon Heavy: sistem Super Heavy–Starship. Kabarnya, tahap pertama Super Heavy akan mampu mengangkat 100.000 kg (220.000 pon) ke orbit Bumi.

Baca Juga :  Telkomsel Gelar Program Tinc Batch 5

3. Tesla (Perusahaan Mobil Listrik)

Tesla adalah perusahaan yang didirikan oleh Martin Ebenhard dan Marc Terpenning. Di perusahaan ini, pada 2004, Elo Musk menjadi investor utama.

Kemudian pada tahun 2006 Tesla memperkenalkan mobil pertamanya, Roadster, yang dapat menempuh jarak 245 mil (394 km) dengan sekali pengisian daya.

Berbeda dengan kebanyakan kendaraan listrik sebelumnya, yang menurut Musk membosankan dan tidak menarik, Roadster adalah mobil sport yang dapat melaju dari 0 hingga 60 mil (97 km) per jam dalam waktu kurang dari empat detik. Dua tahun kemudian Tesla memperkenalkan sedan Model S, yang diakui oleh para kritikus otomotif karena kinerja dan desainnya.

Perusahaan mendapat pujian lebih lanjut untuk SUV mewah Model X, yang dipasarkan pada tahun 2015. Pada 2017 Tesla meluncurkan Model 3, kendaraan yang lebih murah dan menjadi mobil listrik terlaris sepanjang masa.

4. SolarCity

Ditemukan tahun 2006 oleh Musk dan sepupunya, SolarCity menjadi penyedia tenaga surya terbesar kedua di Amerika. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan Tesla sebagai penyedia energi mobilnya.

5. Hyperloop

Hyperloop adalah jenis transportasi yang inovatif sekaligus ambisius ini, pertama kali diperkenalkan tahun 2013. Saat ini, konsep transportasi ini masih dalam tahap formulasi

6. Neuralink

Neuralink adalah perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk dan sejumlah ilmuan pada tahun 2016. Perusahaan ini menciptakan teknologi yang bisa ditanam ke otak manusia. Elon Musk adalah CEO dari Neuralink, ia mengungkapkan bahwa teknologi ini bisa memulihkan fungsi tubuh seutuhnya pada orang yang mengalami cedera tulang belakang. Neuralink mendapat pendanaan senilai 205 juta dolar AS atau setara Rp2,9 triliun dari beberapa investor, seperti Google Ventures dan Founders Fund.

Baca Juga :  Terganggu 20 Hari, Layanan Telekomunikasi di Jayapura sudah Pulih

7. PayPal

Elon Musk mendirikan Zip2 pada tahun 1995, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis untuk surat kabar online.

Zip2 dibeli oleh produsen komputer Compaq pada 1999 seharga 307 juta dolar (Rp4 triliun). Lalu, Musk mendirikan perusahaan jasa keuangan online bernama X.com yang selanjutnya menjadi PayPal. Musk melakukan lelang online eBay untuk PayPal pada 2002 seharga 1,5 miliar dolar atau sekitar Rp21 triliun.

8. Panggilan Telepon Berbasis Web

Pada tahun 1997, Musk sudah memiliki ide untuk mampu membuat komputer melakukan panggilan telepon. Pada tahun 2001, ia mematenkan ide ini. Meski sekarang sudah ada Skype, ide Musk lebih sederhana tapi lebih praktis daripada itu.

9. Pencarian Lokasi yang Sangat Spesifik

Meskipun sekarang sudah ada Google Maps untuk mempermudah mencari lokasi, ide Musk adalah membuatnya lebih rinci dan akurat, bahkan sampai pada data area sekelilingmu. Pencarian yang ada saat ini masih mengharuskanmu untuk mendetailkan kata kunci pencarian.

10. Jet Supersonik Bertenaga Listrik

Penemuan Elon Musk yang ini bisa membuat bandara masa depan menjadi lebih kecil, gak seluas saat ini. Walau masih dalam bentuk konsep.

Elon Musk berkeinginan untuk membuat pesawat jet supersonik bertenaga listrik. Namun di tengah kesibukannya membuat mobil listrik Tesla dan penerbangan luar angkasa SpaceX, Musk mengaku belum siap melakukannya dalam waktu dekat. (sumber: idntimes, tirto dan sindonews)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *