Menag Apresiasi Kerukunan Umat Beragama di Kota Kupang

  • Whatsapp
Foto : Humas Kota Kupang

Kupang – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengapresiasi kerukunan antarumat beragama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Menurutnya, kerukunan antarumat beragama di NTT selama ini terjaga dengan baik. Menag mengatakan itu dalam dialog keberagaman bersama tokoh agama di Vihara Pubbaratana, Jumat (27/11).

Vihara Pubbaratana merupakan rumah ibadah umat Budha perdana di Kota Kupang. Lahan, tempat pembangunn vihara merupakan hibah dari Pemerintah Kota Kupang. Sedangkan di Belu dan Sikka, umat budha di sana sudah punya rumah ibadah, namun bukan bangunan permanen.

Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore mengatakan selama ini kerukunan antarumat beragama di daerah itu terbina dengan baik. “Cita-cita Kota Kupang sebagai rumah besar persaudaraan antar suku agama dan ras serta berkomitmen bahwa kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama merupakan suatu kebutuhan yang mutlak,” katanya

Baca Juga :  Update Korona di NTT: 41 Sehat, 8 Dirawat

Hal tersebut, tambahnya, diwujudkan dengan diterbitkannya Peraturan Wali Kota yang salah satu poinnya menjamin bahwa semua umat beragama di Kota Kupang memiliki rumah ibadah. Rumah ibadah yang bermasalah proses izinnya akan diselesaikan. Forum Kerukunan Umat Beragama memfasilitasi terbentuknya rumah ibadat tersebut.

Indra Efendy, Ketua Majelis Agama BuddhaTheravada Indonesia, perwakilan Nusa Tenggara Timur mengatakan pendirian rumah ibadah tersebut merupakan bukti kerukunan antarumat beragama di Kota Kupang.

“Atas nama umat Budha di Kota Kupang dan NTT dia menyampaikan terima kasih atas kehadiran menteri di tengah mereka, meski kondisi bangunan Vihara mereka belum selesai sepenuhnya. Baru dibangun satu lantai dari dua lantai yang direncanakan,” katanya. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *