Humaniora

Mahasiswa Undana Segera Daftar Beasiswa VDMI, Cek Jadwal dan Persyaratan di Sini

Kupang – Kepala International Relation Office (IRO) Universitas Nusa Cendana (Undana), Ir Maria Lobo, M. Maths.Sc, PhD mengajak mahasiswa Undana segara mendaftar beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI). Beasiswa VDMI akan buka pada 10 Februari-10 Maret 2023.

Pasalnya, semakin banyak mahasiswa yang mendaftar, maka kuota beasiswa bagi Undana pun akan semakin meningkat.

Kepala IRO Undang memperkenalkan sejarah beasiswa VDMI kepada sekitar puluhan mahasiswa yang hadir saat sosialisasi di Aula Rektorat Undana, Jumat (3/2/2023).

VDMI merupakan yayasan yang didirikan pada 1947. Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia, kata Maria Lobo, didanai oleh Van Deventer-Maas Stiching di Belanda. Yayasan ini sejak awal telah mendukung aktivitas dan proyek bermanfaat. Pada awal tahun 1980-1990an kembali berfokus pada misinya yaitu mendukung pendidikan Indonesia.

VDMS merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa D3, D4, dan S1. Saat ini, VDMS menyediakan sekitar 800 beasiswa setiap tahunnya kepada pemuda Indonesia yang berbakat dan berasal dari keluarga sederhana.

Tidak hanya beasiswa, VDMS juga menyediakan kursus singkat bagi penerima beasiswa untuk meningkatkan soft skill. Program beasiswa ini bekerja sama dengan 34 Perguruan Tinggi di Indonesia, salah satunya yaitu Undana.

Ia menjelaskan, durasi dukungan beasiswa dimulai dari Semester 2 sampai dengan standar durasi studi (S1/D4 = Semester 2 – 6, D3 = Semester 2 – 4), kecuali yang berprestasi buruk (IPK < 3.00), cuti, tidak ada konfirmasi penerima dana dan tidak ada kabar dalam jangka waktu tertentu, tidak akan mendapatkan beasiswa selama jangka waktu tersebut.

Persyaratan  

Sebagaimana dikutip dari laman resmi http://vandeventermaas.or.id, dijelaskan beberapa persyaratan, yaitu:

Mahasiswa semester 2 – 6 S1/D4 dan mahasiswa semester 2 – 4 D3.
Usia tidak lebih dari 27.
Tidak mampu secara finansial (tercantum dalam SKTM dan/atau Surat Rekomendasi kondisi keuangan yang dikeluarkan oleh Universitas).
IPK ≥ 3,00.
Disiplin: Akuntansi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Seni dan Desain, Biologi, Kimia, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, Kehutanan, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Kesehatan/Kedokteran, Sejarah, Teknologi/TIK, Manajemen, Matematika, Fisika, Statistika, Teknik/Teknologi, Hukum, Politik.
Aktif dalam organisasi dan/atau sosial-kemasyarakatan.
Mahir berbahasa Inggris akan menjadi keuntungan.
Tidak menerima beasiswa lain.
Jumlah Beasiswa dan Tunjangan Rp 750.000,- akan dibayarkan langsung ke rekening bank penerima setiap bulan pada tanggal yang sama (tidak berlaku karena Sabtu/Minggu dan Libur Nasional).
Bonus TOEFL satu kali (jika ada) dan Bonus Kelulusan (ujian) tepat waktu.
Bebas mengikuti Capacity Building (untuk diseleksi), yang diadakan oleh Van Deventer-Maas Indonesia

Proses Aplikasi Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa Van Deventer-Maas harus diselesaikan secara online melalui http://ers.vdms-scholarship.org. Anda dapat mengunduh formulir daftar periksa dokumen yang diperlukan saat Anda menyelesaikan pendaftaran online. Jika Anda diundang untuk melanjutkan proses ke langkah kedua, maka Anda harus menyerahkan dokumen persyaratan lengkap kepada Penanggung Jawab di universitas Anda.

Dokumen yang dibutuhkan

Daftar Periksa Dokumen (klik untuk mengunduh) vandeventermaas.or.id/wp-content/uploads/2023/01/List-of-Required-Document-2023.pdf
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan atau Surat Keterangan yang menyatakan kondisi ekonomi keluarga dari Sekolah/Universitas (Rektor/Dekan/Kaprodi).
Transkrip Akademik/IPK terakhir (≥ 3,00).
Surat keterangan penghasilan resmi orang tua/wali (untuk Instansi/Petugas Swasta) minimal 2 bulan terakhir.
Surat Keterangan Pekerjaan & Penghasilan Orang Tua/Wali (untuk Pengusaha) yang ditandatangani dan dimeterai dengan meterai 10.000, dan dilegalisir Kelurahan.
Fotokopi KTP (KTM dan KTP).
Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Salinan Rekening Bank (halaman depan buku bank Anda sendiri) – Hanya untuk siswa Terpilih.
Tagihan listrik (setidaknya tagihan 2 bulan terakhir) atau pernyataan tagihan listrik yang ditandatangani dan dilegalisasi oleh kelurahan jika Anda tidak bisa mendapatkan tagihan atau Anda tidak menggunakan listrik.

Esai tentang diri Anda (termasuk keluarga, studi dan kegiatan sosial), apa yang Anda ketahui tentang Van Deventer-Maas Indonesia, mengapa VDMS harus memilih Anda untuk menjadi salah satu penerima beasiswa; apa keuntungan bagi Anda jika Anda terpilih sebagai penerima beasiswa; dan apa yang akan Anda lakukan untuk masyarakat setelah Anda menerima beasiswa. (Minimal 1,5 halaman A4, Font: Palatino Linotype, ukuran font 11, dan spasi 1).
Universitas akan mengirimkan dokumen ke kantor Yayasan van Deventer-Maas Indonesia di Yogyakarta untuk diseleksi, memenuhi persyaratan di atas. Perjanjian akan ditandatangani antara Anda dan Universitas atas nama Yayasan van Deventer-Maas Indonesia setelah disetujui.

Mitra YVDMI

periksa kode universitas Anda di sini! http://vandeventermaas.or.id/partner/

untuk Mendaftar klik di sini ers.vdms-scholarship.org

untuk informasi lebih lanjut: Klik di sini http://vandeventermaas.or.id/wp-content/uploads/2023/01/Manual-Book-ORS-VDMI-2023.pdf untuk mengunduh buku Manual

Klik di sini untuk mengunduh daftar periksa Dokumen, klik di sini http://vandeventermaas.or.id/wp-content/uploads/2023/01/List-of-Required-Document-2023.pdf. (*)

Komentar ANDA?

Canra Liza

Recent Posts

Inspirasi dari Kegigihan Petani Rote Menghadapi Tantangan Alam Demi Ketahanan Pangan

Rote Ndao, - Rote, pulau terluar di bagian selatan Indonesia, ternyata menyimpan potensi besar dalam…

6 hours ago

Kadispora Kupang Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi Dana GOR Komitmen

Kupang - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kupang, SL, Kamis (17/5) siang terlihat…

6 hours ago

Pria Bangladesh, Pelaku Penyelundupan Manusia dari NTT ke Australia Ditangkap

Kupang - Seorang Warga Negara Bangladesh, pelaku penyelundupan manusia (people smuggling) warga asing dari Nusa…

1 day ago

Fakta Kontras Korban Seroja Di Babau, Rumah Kokoh Dapat Bantuan Rp25 juta

Kupang - Fakta kontras soal bantuan untuk korban Badai Seroja diungkap salah seorang warga Kelurahan…

1 day ago

Fakta Seroja, Rumah Terdata Rusak Berat di Oebelo dan Kuanheum Tidak Terima Bantuan

Kupang - DPRD Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah merekomendasikan ke Ditkrimsus Polda NTT…

2 days ago

Sembilan Pasangan Calon Perseorangan Mendaftar di 7 Pilkada di NTT

Kupang - Sebanyak 9 pasangan calon perseorangan mendaftar di 7  pilkada di Nusa Tenggara Timur…

2 days ago