Mahasiswa KKN UGM Sosialisasi Manajemen Pencegahan Penyakit Hewan di Desa Waibao

  • Whatsapp
Dok Mahasiswa KKN UGM

Larantuka – Tim KKN-PPM Universitas Gajah Mada (UGM) Aramoana Tanjung Bunga menggelar serangkaian program KKN di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur sejak 5 Juli hingga 23 Agustus 2021

Para mahasiswa ini melakukan sosialisasi pencegahan penyakit pada hewan ternak, dan pemeliharaan ternak bersama PT Fenanza Putra. Program ini digelar pada 9 Agustus 2021 secara daring lantaran pandemi covid-19.

Sesuai hasil diskusi antara pihak desa dengan Tim KKN-PPM UGM, masyarakat setempat sangat membutuhkan sosialisasi seperti itu agar mereka memiliki pengetahuan bagaimana menanggulangi wabah penyakit yang sewaktu-waktu menyerang ternak.

Materi dalam sosialisasi ini meliputi penyakit cacingan pada ternak, cara penanggulangan penyakit cacingan dengan salah satu caranya pemberian obat cacing dari PT Fenanza Putra, serta pencegahan dan pengendalian ASF (African Swine Fever/Flu Babi Afrika) dan manajemen pemeliharaan ternak.

Baca Juga :  Tiga Warga Manggarai Timur Hilang di Laut

Sekretaris Desa Waibao, Darius Tukan mengatakan sebagian besar warganya memiliki hewan ternak sehingga sosialisasi seperti ini sangat penting bagi mereka. “Ini peluang langka bagi Desa Waibao karena program ini dapat menjadi pedoman dalam menangani wabah penyakit ternak, khususnya ASF,” tambah Darius.

Menurut Darius, penyakit pada hewan ternak kerap menjadi permasalahan bagi masyarakat karena keterbatasan pengetahuan. Dengan adanya sosialisasi ini, ia berharap hal ini dapat menjadi solusi bagi warga desa.

“Wawasan masyarakat semakin bertambah dan muncul kemauan untuk kembali beternak karena mereka sudah paham tentang beternak dengan benar,” ungkap Darius. (*/kkn ugm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *