LPDP Berikan Beasiswa untuk 30 Warga NTT

  • Whatsapp
Pendaftaran Beasiswa LPDP/Foto: Gamaliel

Kupang–Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan memberikan beasiswa bagi 30 warga Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melanjutkan studi program magister dan doktoral di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

“Program ini terbuka untuk umum termasuk mahasiswa dan pegawai,” kata Tim leader beasiswa LPDP Indonesia Timur Ahmad Rizali kepada wartawan sebelum memberikan sosialisasi beasiswa LPDP di Kupang, Jumat (17/2).

Menurutnya lima provinsi di Indonesia masing-masing mendapat alokasi 30 penerima beasiswa yakni Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat. Rinciannya 20 orang untuk program magister dan 10 orang untuk program doktoral.

Akan tetapi para pelamar, harus memenuhi persyaratan administrasi termasuk tes kemampuan Bahasa Inggris. Menurut Dia, jika salah satu calon belum memenuhi persyaratan yang ditentukan, masih diberi kesempatan untuk melengkapinya. Misalnya kemampuan bahasa Inggris bisa ditingkatkan setelah mendaftar.

Baca Juga :  Sakit Kanker, Narapidana Kasus Pembunuhan Langoday Meninggal

Untuk tahun ini, penerima beasiswa LPDP memiliki test Toefl minimal 400 dibandingkan beberapa tahun lalu yang nilainya mencapai 550 hingga 600. “Kita berikan waktu satu tahun bagi mereka yang bahasa inggrisnya rendah untuk belajar lagi untuk bisa lolos dalam program LPDP,” kata Dia.

Menurutnya, sasaran penerima beasiswa bagi lima provinsi di Indonesia timur adalah penduduk asli provinsi tersebut. Nanti setelah kembali ke Indonesia, mereka akan ditempatkan kembali di provinsi asalnya untuk menmbangun daerahnya.

Seperti diketahui, pada 2017 LPDP mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 triliun untuk beasiswa bagi 12.119 orang tersebar di seluruh Indonesia. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *