Lima Wartawan Menang Lomba Menulis ”Better Journalism for Better Environment’

  • Whatsapp
Ketua AJI Kota Kupang, Simon Nilli menyerahkan hadiah kepada penulis terbaik/Foto: Gamaliel
Ketua AJI Kota Kupang, Simon Nilli menyerahkan hadiah kepada penulis terbaik/Foto: Gamaliel

Kupang–Lima wartawan terpilih menjadi pemenang lomba menulis isu lingkungan bertajuk ‘Better Journalism for Better Environment’ kerja sama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, WWF Indonesia, dan AJI Kota Kupang.

Pengumuman pemenang dilakukan pada hari terakhir Journalist Camp ke-2 di Kupang, Sabtu (20/9).

Read More

Para pemenang terdiri dari Silvester Sega (Wartawan Radio Suara Timor), Adi Rianghepat (Wartawan Kantor Berita Antara), Elya Djawas (Wartawan Portal Berita NTTterkini.com), Imanuel Lodja (Wartawan Kursor), dan L.N Mbuhang (Wartawan Warta Flobamora).

Masing-masing pemenang menerima hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta diserahkan oleh Ketua AJI Kota Kupang, Simon Petrus Nilli. Ajang ini diikuti 15 wartawan dari berbagai media di Kota Kupang digelar setelah peserta mengikuti ‘Journalist Camp’ 1 yang digelar 26-29 Juni 2014 lalu.

Baca Juga :  Kebakaran Cagar Alam Wae Wuul Mencapai 17 Hektare

Setelah jurnalis camp 1, peserta melakukan liputan sesuai topk yang diajukan kemudian menayangkannya di media masing-masing. AJI kemudian melakukan seleksi terhadap seluruh tulisan tersebut dan memilih lima tulisan terbaik (best article). Tulisan yang diangkat antara lain masalah penanganan sampah, terumbu karang, pantai, jalur hijau, dan tambang,

Pada sambutan penutupan Journalist Camp, Simon menyampaikan terima kasih kepada AJI Indonesia dan WWF Indonesia yang telah membantu memberikan motivasi dan pemahaman kepada jurnalis di Kupang dalam membuat tulisan lingkungan yang baik.

“Jika ada teman-teman yang mendapat reward dalam kegiatan itu, tetapi sebenarnya bukan itu tujuannya. Reward itu hanya bertujuan membangkitkan motivasi teman-teman agar bersama-sama melihat kondisi lingkungan kita kemudian menuangkannya dalam tulisan,” kata Simon.

Baca Juga :  UPT KLHK NTT Salurkan Sembako, Masker dan Disinfektan

Kegiatan ini bertujuan membangun wacana mengenai persoalan lingkungan ke media agar memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan serta mendorong pemerintah melakukan respon terhadap persoalan tersebut.

Field Officer Journalist Camp, Palce Amalo menyebutkan seluruh artikel peserta memperlihatkan pemahaman mendalam mengenai pokok persoalan yang dibahas sejak Journalist camp 1 dan hingga Journalist Camp 2. kegiatan ini ini bertujuan meningkatkan kapasitas jurnalis pada isu-isu spesifik yakni isu lingkungan guna mewujudkan pers yang profesional yang juga merupakan salah satu misi AJI. Kerjasama AJI Indonesia dan WWF ini digelar juga digelar Jakarta dan sejumlah kota yakni Medan, Ambon, dan Pontianak. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *