KPU Verifikasi Dukungan Dua Pasangan Calon Independen Pilkada Sabu Raijua

  • Whatsapp
Pasangan Mandiri
Pasangan Mandiri

Kupang–Lintasntt.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua, Selasa (16/6) mulai melakukan verifikasi terhadap dukungan dua pasangan calon independen yang mendaftar untuk bertarung dalam pilkada di daerah itu.

Ketua KPU Sabu Raijua Yudi Tagihuma mengatakan selama pembukaan pendaftaran calon independen 11-15 Juni 2015, hanya dua pasangan yang mendaftar.

Read More

Dua pasangan itu ialah Marthen Luther Dira Tome-Nikodemus N Rihi Heke (Mandiri), dan pasangan Kirenius Buli-Yusuf Alboneh (Kibar).

Pasangan Mandiri didukung 14.700 pemilih, dan pasangan Kibar didukung 9.500 pemilih. Menurut Yudi, dukungan minimal pasangan calon independen adalah 9.123 orang atau 10 persen dari jumlah penduduk 91.000 orang.

Baca Juga :  DPRD Mojekerto Kunjungan Kerja di Kupang

“Saat ini KPU sedang melakukan verifikasi administrasi dan faktual seperti melihat apakah di antara dukungan itu ada yang ganda,” ujarnya.

Ia mengatakan seluruh proses verifikasi akan membutuhkan waktu selama dua pekan. KPU akan menanyakan langsung kepada warga yang identitasnya tertera di dukungan tersebut. Mereka akan ditanyakan langsung sehingga diperoleh data valid bahwa warga memang mendukung pasangsn tersebut.

“Setelah verifikasi akan diplenokan di kecamatan kemudian diteruskan ke kabupaten untuk diumumkan,” kata Dia.
Jika hasil verifikasi mengurangi dukungan pasangan tersebut sampai di bawah batas yang ditetapkan KPU, menurut Yudi, calon kepala daerah masih diberi kesempatan untuk melengkapi dukungan. “KPU akan memberikan waktu kepada pasangan calon untuk melengkapi dukungan,” ujarnya. (sumber: mi/)

Baca Juga :  Djainudin: Pengangkatan Plt Ketum PPP untuk Selamatkan Target PT 4%

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *