KPU Kota Kupang Lakukan Pengepakan Logistik Pilkada

  • Whatsapp
Pengepakan Surat Suara/Foto: Gamaliel

Kupang–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang mulai melakukan pengepakan logistik pilkada, Selasa (7/2).

Pengepakan logistik dilakukan bersama panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemunggutan suara (PPS), serta diawasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat dan aparat keamanan.

Read More

“Kami melibatkan PPK dan PPS untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam proses pengepakan. Logistik yang dimasukan ke kotak suara harus lengkap, tidak boleh lebih dan kurang,” kata Komisioner KPU Kota Kupang Lodowyk Frederik.

Dia mengatakan pengepakan logistik akan berlangsung selama enam hari untuk enam kecamatan. Kotak suara yang didalamnya sudah dimasukan logistik kemudian digembok dan disegel, sedangkan kunci kotak suara diserahkan kembali ke KPU.

Baca Juga :  Fary Francis: Soal Reshuffle, Penyerapan APBN Jadi Tolak Ukur

Kotak suara tersebut disimpan kembali ke ruangan dan dijaga aparat kepolisian. “Nanti 13 Februari, kotak suara dinaikkan ke truk sesuai kecamatan, tetapi baru didistribusikan pada 14 Februari pagi,” ujarnya.

Komisioner KPU lainnya Daniel Bangu Ratu mengatakan KPU baru akan menyerahkan kembali kunci kotak suara kepada petugas pada 14 Februari.

Daniel mengatakan setiap TPS memiliki dua bilik suara. Alat kelengkapan TPS antara lain tinta, baspidol kecil, spidol besar, lem, karet, benang untuk mengikat paku alat coblos dimasuka dalam satu kantong.

Sedangkan surat suara disimpan di kantong berbeda sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing TPS ditambah 2,5% surat suara cadangan. “Ada tiga orang melakukan menghitung surat suara secara pararel hanya ingin memastikan surat suara yang kami kirim ke TPS itu tepat,” ujarnya. (sumber: mi/palce)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *