KPP Pratama Kupang Survei Kepuasan Masyarakat

  • Whatsapp

Kupang – Sejak Maret 2020, KPP Pratama Kupang telah menyediakan layanan daring kepada Wajib Pajak.

Layanan tersebut diluncurkan sebagai komitmen KPP Pratama Kupang dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 sejak awal pandemi merebak di Indonesia.

Dengan adanya layanan tersebut Wajib Pajak tidak perlu datang ke kantor pajak jika ingin melakukan kewajiban perpajakan maupun melakukan konsultasi perpajakan.

Selain itu KPP Pratama Kupang juga membuka saluran email permohonan sebagai sarana pengajuan permohonan secara daring.

Wajib Pajak dapat mengirimkan permohonan perpajakan melalui email tersebut dengan cukup mengirimkan softfile formulir dan persyaratan yang ditentukan.

Per 1 Juli 2021, tercatat sejumlah 9.686 Wajib Pajak telah memanfaatkan layanan daring KPP Pratama Kupang. Jumlah tersebut sebesar 67% dari total 14.442 Wajib Pajak yang menggunakan layanan daring dan tatap muka selama semester I (bulan Januari s/d Juni) tahun 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa Wajib Pajak di wilayah kerja KPP Pratama Kupang telah terbiasa dengan fasilitas layanan daring yang disediakan.

Seluruh pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang telah disusun Standar Pelayanannya. Mulai dari prosedur, persyaratan, jangka waktu hingga dasar hukum telah diinventarisir dalam setiap Standar Pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang.

Baca Juga :  Tujuh PDP Korona di NTT Sembuh, 10 Masih Dirawat

Penyusunan Standar Pelayanan tersebut telah melalui proses public hearing yang melibatkan beberapa stakeholders antara lain tokoh masyarakat, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintah dan perkumpulan profesi.

Dalam rangka evaluasi seluruh pelayanan tersebut, KPP Pratama Kupang menyelenggarakan Survei Kepuasan Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapat gambaran tingkat kepuasan Wajib Pajak serta menampung semua kritik dan saran sebagai bahan evaluasi dan perbaikan yang akan dilakukan KPP Pratama Kupang untuk memberikan pelayanan yang lebih prima.

“Survei Kepuasan Masyarakat yang kami lakukan ini adalah untuk bahan bagi kami untuk melakukan evaluasi dan terus melakukan perbaikan agar dapat memberikan pelayanan yang berbasis stakeholders-oriented dan berkepastian hukum, sekaligus dalam rangka mengikuti Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).” Ujar Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi, Kepala KPP Pratama Kupang.

Dalam survei tersebut, Wajib Pajak diminta untuk memilih layanan perpajakan yang pernah diperoleh baik di kantor pajak secara langsung atau melalui saluran daring. Komponen survei meliputi kecepatan prosedur pelayanan, kualitas sarana dan prasarana pelayanan, hingga tingkat kepastian hukum.

Baca Juga :  Positif Korona di NTT 39 Orang, Tersebar di 9 Kabupaten

Di bagian akhir survei, Wajib Pajak dapat menyampaikan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi yang akan ditindaklanjuti oleh KPP Pratama Kupang.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan program tersebut, KPP Pratama Kupang menyediakan hadiah berupa merchandise resmi Direktorat Jenderal Pajak bagi lima responden pengisi survei yang beruntung.

Survei ini dapat diakses secara daring melalui tautan https://bit.ly/SKM922 atau bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi KPP Pratama Kupang. Demi menyukseskan Program Survei Kepuasan Masyarakat, KPP Pratama Kupang gencar menyebarkan informasi dan tautan pengisian Survei.

Selanjutnya, KPP Pratama Kupang akan melakukan sosialisasi melalui media daring dan cetak. Diharapkan, masyarakat terutama Wajib Pajak KPP Pratama Kupang mengetahui dan mengikuti Program Survei Kepuasan Masyarakat ini dan memberikan feedback atas pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang.

“Kami mengajak seluruh Wajib Pajak KPP Pratama Kupang untuk berpartisipasi dalam Program Survei Kepuasan Masyakarat dengan mengisi kuesioner pada tautan yang telah disediakan. Besar harapan kami, program ini dapat menampung aspirasi para pengguna layanan demi peningkatan kualitas layanan kami,” pungkas Ayu. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *