KPP Pratama Atambua Gelar Pekan Pajak Kefamenanu 2021

  • Whatsapp
Foto: KPP Pratama Atambua

Kefamenanu – KPP Pratama Atambua menggelar kegiatan Pekan Pajak Kefamenanu 2021, Kabupaten  Timor Tengah Utara, Selasa (24/8/2021).

Kegiatan Pekan Pajak Kefamenanu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan selama sepekan ke beberapa sekolah, kampus, instansi pemerintah, dan media.

Kepala KPP Pratama Atambua, Irawan Eko Saputro, menjelaskan bahwa Pekan Pajak merupakan program baru KPP Pratama Atambua “Ini merupakan program baru, tahun sebelumnya tidak ada acara pajak yang digelar selama seminggu berturut-turut,” ujar Irawan.

Kegiatan Pekan Pajak dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pajak dan memberikan edukasi perpajakan bagi masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara. Selain itu juga, kegiatan tersebut juga untuk membangun hubungan yang baik antara kantor pajak dengan para stakeholders.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan juga dilakukan secara bertahap dan dibagi menjadi beberapa sesi dalam satu harinya. Selain itu, sebagian kegiatan juga dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting untuk mengurangi kontak langsung.

Hari pertama pekan pajak, KPP Pratama Atambua menggelar acara Tax Go To School di SMP Negeri 1 Kefamenanu yang diikuti oleh 30 siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas 7, 8, 9 dan mahasiswa magang di sekolah tersebut dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara.

Baca Juga :  Masuk Buku II, Gubernur Laiskodat Salut Atas Kinerja Manajemen Bank NTT

Marianus Fernandez, Kepala SMPN 1 Kefamenanu menyambut baik kegiatan Tax Go To School. “Kami sangat berterima kasih atas dilangsungkan acara ini, karena ini merupakan pertama kalinya pajak dikenalkan kepada siswa-siswi SMP,” ujar Marianus.

Siswa-siswi yang hadir dalam kegiatan sangat bersemangat. Materi yang disampaikan oleh pemateri belum cukup bagi mereka sehingga pertanyaan-pertanyaan menarik dilontarkan oleh para siswa. Tak cukup di situ, siswa-siswi juga menanyakan pertanyaan yang lebih umum seperti APBN dan Retribusi Daerah.

Dari pukul 08.00-10.00 Wita, materi diisi oleh Erasmus Saapan dan Samsul Hidayatullah, Fungsional Asisten Penyuluh Pajak KPP Pratama Atambua. Materi yang disampaikan mulai dari pengertian hingga manfaat pajak. Selain itu pemateri juga menyampaikan materi antikorupsi sebagai menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Kefamenanu.

Baca Juga :  Update Korona di NTT: Satu Orang Sembuh, 8 Masih Dirawat

Untuk hari selanjutnya juga akan dilaksanakan kegiatan Pajak Bertutur di SMP Katolik Aurora, Tax Go To Campus di Universitas Timor, Penyuluhan Bendahara Dinas PPO, Penyuluhan Pajak Dokter di RSUD Kefamenanu dan Siaran Interaktif terkait insentif pajak di Radio Siaran Pemerintah Daerah TTU Pemersatu Biinmafo.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan kesadaran pajak sudah dimulai sejak dini, sehingga di masa mendatang tercipta masyarakat yang taat pajak. Selain itu kegiatan tersebut mengajak untuk merawat dan menjaga keutuhan bangsa dan negara melalui sikap bela negara sebagai siswa-siswi SMP.

Irawan juga menyampaikan bahwa kegiatan pekan pajak juga akan dilakukan di kabupaten lain. “Bulan depan kita akan buat pekan pajak lagi di Kabupaten Belu, dan selanjutnya di Kabupaten Malaka,” tambah Irawan.

KPP Pratama Atambua berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Kepatuhan dan kesadaran pajak yang tinggi dipercaya akan menjadi trigger peningkatan penerimaan negara dari sektor pajak. Pajak Kuat Indonesia Maju. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *