Kota Kupang Terancam Kehabisan Oksigen untuk Pasien Covid-19

  • Whatsapp
Tabung Oksigen/Foto: lintasntt.com

Kupang – Darurat oksigen untuk kebutuhan pasien covid-19 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur sudah berlangsung beberapa pekan, namun sampai Kamis (28/1/2021) belum teratasi.

Direktris Rumah Sakit (RS) Kartini Kupang, dokter Yudith Kota mengatakan darurat oksien berlangsung sejak pekan lalu, kemungkinan baru akan teratasi satu bulan mendatang.

Menurutnya, pasokan oksigen untuk kebutuhan rumah sakit di Kota Kupang akan dilakukan oleh PT Samator yang berkantor di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Samator itu sudah datang ke semua rumah sakit untuk survei, tetapi butuh waktu harus cari tempat penyimpanan ratusan tabung oksigen, mungkin sekitar satu bulan,” kata dokter Yudith.

Darurat oksigen terjadi lantaran terus bertambahnya pasien covid-19 di Kota Kupang. Sampai Kamis siang tercatat 2.286 kasus terdiri dari 738 orang sembuh, 1.485 orang masih dirawat dan karantina dan 63 orang meninggal. Massifnya penyebaran virus korona di Kota Kupang disebabkan tidak adanya ketaatan terhadap protokol kesehatan yakni mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, dan memakai masker.

Baca Juga :  Tambah 2, Positif Korona di NTT jadi 9 Orang

Direktur RS Siloam Kupang dokter Hans Lie mengatakan kebutuhan oksigen di rumah sakit tersebut meningkat, berasal dari pasien covid-19. Kondisi itu sudah berlangsung sejak pekan lalu.

Namun, oksigen untuk kebutuhan sentral termasuk 24 ruangan isolasi bertekanan negatif saat ini masih mencukupi. “Tetapi untuk kebutuhan pasien covid-19 dengan stok tabung oksigen yang terganggu,” kata Dokter Hans Lie. (sumber: mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *