Kota Kupang dan Labuan Bajo Paling Kotor di NTT

  • Whatsapp
Sampah Berserakan di Pantai Oeba/Foto: Lintasntt.com

Kupang–Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menyebutkan Kota Kupang dan Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat sebagai kota terkotor di daerah itu.

Menurutnya setiap kota memiliki ciri khas bersih, terang dan rapi, namun ciri khas itu tidak terlihat di dua kota tersebut. Di Kota Kupang, sampah berserakan di hampir seluruh ruas jalan utama, terutama sampah plastik.

Kondisi itu terjadi lantaran belum ada kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya, dan menjadi tanggungjawab pemimpin mulai dari gubernur wali kota, bupati hingga masyarakat.

“Di Labuan Bajo sampai lautnya saja sudah bau. Itu berarti tingkat kerusakannya sudah tinggi,” ujarnya saat Dialog Pemerintah NTT dengan Civitas Akademika dan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Daratan Timor, Alor, dan Rote Ndao 2018 di Kupang, Rabu (21/11).

Baca Juga :  Update Covid NTT 11 Mei: 163 Sembuh, 62 Positif, 2 Meninggal

Karena itu, gubernur mengajak perguruan tinggi dan masyarakat berpartisipasi aktif menyelamatkan alam NTT antara lain dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. “Kita tidak bisa bekerja biasa-biasa saja, ini harus menjadi sebuah gerakan,” ujarnya.

Menurut Viktor, kondisi kota yang kotor akan sulit bagi daerah untuk menjual sektor pariwisata. “Ke depan akan kita tata kembali. Kalau hotel tidak punya waste management (pengelolaan sampah) dan kapal tidak melakukan daur ulang sampahnya secara benar, akan digeser, tidak boleh masuk Labuan Bajo,” ujarnya. (sumber: mi/palce amalo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *