Kontingen NTT ke PON Jabar Kekurangan Dana Rp500 Juta

  • Whatsapp
Atlet Kempo NTT/Foto: Gamaliel

Kupang–Sebanyak 121 orang kontingen Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat dijadwalkan berangkat besok (Kamis 15/9). Namun sampai hari ini, kontingen masih kekurangan anggaran sebesar Rp500 juta.

Ketua Harian KONI NTT Andre Koreh mengatakan kebutuhan dana untuk atlet, pelatih, dan manager, selama PON Jawa Barat berjumlah Rp11,5 miliar.

“Dari kebutuhan anggaran itu, yang dibebankan di APBD 2016 sebanyak Rp9 miliar,” ujarnya, Selasa (13/9).

Selanjutnya menurut Andre, pemerintah daerah melakukan penggalangan dana sebanyak tiga kali, dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp2 miliar. Dengan demikian kekurangan dana sampai saat ini sebesar Rp500 juta.

Dia mengatakan penggalangan dana dilakukan pada Hari Ulang KONI pada 2015, Hari Bhakti PU Desember 2015, dan penggalangan dana terakhir dilakukan dalam pertemuan antara pemerintah dan pengusaha di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga :  Fary Francis Jadi Manager Tim U-16

Kendati begitu, menurut Andre, seluruh anggota kontingen tetap bertolak ke Jawa Barat besok. Dia mengatakan dari 12 cabang olahraga yang diikuti 76 atlet asal NTT, hanya 11 cabang olahraga yang didanai KONI. Adapun cabang olahraga berkuda tidak dibiayai KONI.

“Atlet berkuda dari NTT sudah ada di Jawa Timur nanti melanjutkan perjalanan ke Pangandaran untuk mengikuti perlombaan yang digelar di sana,” ujar Andre.

Pembukaan PON akan dilakukan pada 17 September 2016 oleh Presiden Joko Widodo. Saat pembukaan, kontingen NTT akan mengenakan seragam celana dan jas berwarna putih dengan modifikasi tenun khas NTT serta topi khas asal Pulau Rote, Ti’i langga. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *