Kolam Pemancingan Ikan Lakekun Barat Gunakan Kanal Pembayaran Bank NTT

  • Whatsapp
Kolam Pemancingan Ikan Air Tawar/Foto: dok Bank NTT

Betun – Rangkaian penjurian tehadap 115 peserta Festival Desa Binaan dan Festival PAD Tahun 2022 yang digelar Bank NTT terus berlanjut.

Pada Rabu (16/11/2022) Juri Dr James Adam tiba di Desa Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. James mengunjungi lokasi pemancingan ikan air tawar yang terletak di sisi jalan pinggir jalan trans Malaka-Atambua tersebut.

Dr James datang bersama Kristoforus Seda dari Divisi Kredit Kantor Pusat Bank NTT dan tim kredit dari Kantor Cabang Bank NTT Betun. Mereka diterima Kepala Desa Lakekuan Barat, Luan Martinus dan bersama staf.

Lokasi pemancingan itu merupakan salah satu destinasi wisata yang unggulan desa yang dalam waktu dekat akan dibuka untuk umum.

Di lokasi itu juga terdapat hamparan sawah seluas 520 hektare yang juga menjadi sumber padi bagi masyarakat setempat. Dari ratusan hektare lahan sawah itu, Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Lakekun Barat mengelola dua hektare, dan kolam pemancingan ikan air tawar tersebut. “Kolam pemancingan ikan air tawar ini menjadi ikon pariwisata baru di Lakekukan Barat, dan siap dibuka untuk umum,” kata Luan Martinus saat menerima tim juri.

Lokasi pemancingan ini juga sudah terkenal sampai ke kota, sehingga sejumlah rumah makan datang ke sana, minta mensuplai ikan bagi rumah makan. Hal itulah yang mendorong BumDes setempat mulai mengatur transaksi pembayaran secara digital bersama Bank NTT.

“Rencananya, setiap tamu yang nasuk ke sana, menggunakan kendaraan, retribusi parkirnya serta karcis masuknya menggunakan kanal pembayaran Bank NTT,” kata James Adam.

Karena terletak di sisi jalan utama, lokasi pemancingan itu sangat strategis sehinga menjadi sumber pendapatan bagi desa setempat. “Tinggal bagaimana desa mempromosikan potensi desa agar masyarakat bisa mengetahui kolam pemancingan ikan air tawar di desa ini,” harap James.

Kepala desa juga disarankan berdiskusi dengan camat dan bupati untuk menghadirkan even seperti lomba memancing ikan air tawar agar desa dan BumDes memperoleh keuntungan dari even tersebut. (*/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.