Kemenkes Kirim 23 Lab PCR Covid-19 ke NTT

  • Whatsapp
Laboratorium Bergerak Surveilans/Foto: lintasntt.com

Kupang – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengirim bantuan 23 Laboratorium (lab) Polymerase Chain Reaction (PCR) covid-19 ke NTT untuk mempercepat pemeriksaan sampel swab.

Satu lab PCR Bergerak (mobile), bagian dari 23 lab tersebut sudah tiba di RSJ Naimata, Kota Kupang sejak Selasa (16/2) siang, sedangkan 22 lab lainnya sedang dalam persiapan pengiriman ke NTT.

Read More

Dari 22 lab yang akan tiba, dua di antaranya Lab Bergerak yang rencananya masing-masing ditempatkan di Pulau Sumba dan Flores, sedangkan 20 lab lainnya akan ditempatkan di rumah sakit di ibu kota kabupaten.

Baca Juga :  Senin, Jokowi Resmikan PLBN Motamasin, Wini dan Bendungan Raknamo

Ahli Analis Kesehatan Lingkungan BBTKLPP Surabaya, Joko Kasihono yang turut mengantar lab PCR mobile tersebut menyebutkan puluhan lab PCR dari pemerintah pusat tersebut disebabkan adanya penumpukan sampel swab di seluruh kabupaten.

“Ada tiga mobile plus 20 lab real time pcr dan ekstrasi otomatis yang disebarkan ke semua pulau,” di sela-sela penjemputan lab mobile di Pelabuhan Peti Kemas Tenau Kupang.

Penumpukkan sampel swab juga terjadi di lab PCR Biomolekuler RS WZ Johannes Kupang akbat tingginya penularan covid-19 melalui transmisi lokal. “Sampel yang dikirim ke Lab BBTKLPP Surabaya juga terjadi penumpukan, akhirnya lab mobile ini saya bawa ke sini,” tambah Joko yang juga Kabag Tata Usaha BBTKLPP Surabaya.

Baca Juga :  Wow! Pesawat Baru TNI Bisa Semburkan 2.000 Peluru Semenit

Sesuai laporan Dinas Kesehatan NTT Selasa, total sampel swab yang masih mengantre di lab PCR Biomolekuler RS WZ Johannes mencapai 1.829 sampel terbanyak dari Kabupaten Kupang 279 sampel, Ngada 535 sampel, Sikka 249 sampel, dan Sumba Timur 238 sampel. (mi/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *