Kemendag Pastikan Harga Sembako di Kupang Stabil

  • Whatsapp
Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Dody Edward Diwawancarai wartawan seusai pemantauan harga sembako di Pasar Oebobo Kupang/Foto: Gamaliel

Kupang- Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga sembako di Kota Kupang, NTT masih normal. Stok juga mencukupi sampai Ramadan dan Idul Fitri.

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Dody Edward mengatakan hal itu seusai meninjau dua pasar tradisional, swalayan, gudang bahan kebutuhan pokok, dan Pelabuhan Tenau di Kota Kupang sejak Selasa (9/5) sampai Rabu (10/5).

Read More

Dua pasar tradisional yang dikunjungi yakni Pasar Kasih di Kelurahan Naikoten 1, dan Pasar Oebobo di Kelurahan Fatululi.

Di setiap pasar, Dody bersama petugas lainnya menanyakan kepada pedagang mengenai harga dan stok bahan kebutuhan pokok, dan berharap tidak ada kenaikan harga jelang ramadan.

Baca Juga :  Medah Segera Kirim 25.000 Bibit Ubi Ungu ke Manggarai Barat

“Secara umum ada harga kebutuhan pokok yang naik, namun tidak terlalu signifikan, tetapi dari hasil pantauan harga 10 bahan kebutuhan pokoknya masih relatif stabil,” kata Dody Edward.

Pantauan harga bahan kebutuhan pokok dilakukan bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga, Anggota Komisi XI DPR Fery Kase, dan sejumlah pejabat dari Dinas Perdagangan NTT dan Kota Kupang.

Di pasar Kasih, petugas menemukan harga daging ayam tertinggi berkisar Rp50 ribu per ekor sampai Rp60 ribu per ekor. Sedangkan harga bawang putih di sejumlah pedagang sudah naik dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram (kg) kini sudah naik mencapai Rp50 ribu per kg.

Baca Juga :  Pemprov Bersama Kabupaten-Kota Bahas Penyertaan Modal Rp1,3 Triliun ke Bank NTT

Di pasar tersebut juga ditemukan harga gula turun dari Rp15 ribu per kg menjadi Rp14 ribu per kg. Namun harga sebesar itu masih tinggi jika dibandingkan dengan harga eceran tertinggi (HET) gula yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp12.500 per kg.

Sedangkan harga minyak goreng dan daging masih sesuai HET yand ditetapkan pemerintah. Minyak goreng dijual Rp11 ribu per kg dan daging sapi Rp80 ribu per kg. (gma/sumber: mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *