Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI Ke-70 di Kupang

  • Whatsapp
Peserta Karnaval dari Humas Pemprov NTT
Peserta Karnaval dari Humas Pemprov NTT

Kupang–Lintasntt.com: Ribuan warga dari berbagai etnis di Kota Kupang, NTT mengikuti karnaval sebagai ajang promosi keragaman budaya di Kupang, Rabu (19/8) siang.

Mereka tergabung dalam 42 tim terdiri dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD, sekolah, dan komponen budaya dari sejumlah daerah.

Karnaval dilepas oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya dari Jalan El Tari I.

Mereka mengenakan pakaian adat daerah masing-masing dan berjalan kaki melewati Jalan Soeharto, Jalan Sudirman, Jalan Muhammad Hatta, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Ahmad Yani dan berakhir di Jalan Timor Raya.

Gubernur Frans Lebu Raya mengatakan karnaval bertujuan memeriahkan HUT RI ke-70, juga sebagai ajang mengapresiakan identitas daerah.

“Identitas diri sebagai bangsa, merupakan representasi dari keanekaragaman yang membentang di seantero nusantara,” ujarnya.

Baca Juga :  Besok, Bank Indonesia Luncurkan Uang Khusus 17 Agustus

Menurut gubernur, ajang ini menjadi momentum refleksi untuk memulihkan kembali kesadaran tentang kebersamaan, kerukunan antarumat beragama, serta persaudaraan dan persatuan yang menjadi identitas Bangsa Indonesia.

Mayoret
Mayoret

“Kita hendaknya berupaya menyadari bahywa berbagai hal yang menjadi sendi hidup bangsa ini, menjadi jalan untuk menunjukkan identita dan kebangsaan parokial itu masih ada, utuh dan merekat kuat hidup bersama,” kata Dia.

Karnaval ini meriah karena menjadi momentum pesta rakyat dan ekspresi kegembiraan warga.

Warga berdiri di dua sisi jalan yang dilewati peserta karnaval untuk melihat dari dekat peserta karnaval yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur, Jawa, dan Bali. (mi/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *