Karang Taruna Mekar Jaya Liliba Wakili NTT Ikut Lomba Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Foto: Kelurahan Liliba

Kupang — Karang Taruna Mekar Jaya Liliba di Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti lomba Karang Taruna Berprestasi Tingkat Nasional di Jakarta.

Tiket ke lomba tingkat nasional ini diperoleh Karang Taruna Mekar Jaya Liliba ini diperoleh, setelah Tim Penilai dari Karang Taruna Provinsi dan Kota Kupang, melakukan visitasi dan menilai beberapa aspek yang wajib dimiliki Organisasi Sosial Kepemudaan ini secara menyeluruh sebagai mana disyaratkan.

“Yang kita nilai adalah Organisasi Karang Tarunanya secara keseluruhan, Surat Keputusan Pengurus, Program kerja dan Implementasinya, Jejaring/kerjasamanya dan laporan laporan aktivitas serta Profil Karang Tarunanya,” kata Ketua Karang Taruna tingkat Provinsi, Wildrian Ronald Otta, S.STP, MM, di Kupang, Sabtu.

ASN pada Dinas Kominfo Kota Kupang itu lebih lanjut mengatakan, tim juga melakukan penilain khusus terkait sejauh mana partisipasi dan kepedulian Karang Taruna setempat dalam upaya penanganan dan pemutusan penyebaran Covid19 daerah setempat dan ekonomi serta sosial lainnya.

“Semua item penilaian ini harus dibuktikan dengan Dokumentasi seperti data dan info, foto dan video,” kata Wildrian Ronald Otta atau akrab dengan Andre Otta.

Baca Juga :  Bangkai Paus Sepanjang 12 Ditemukan di Pantai Panfolok Sulamu

Hasil penilaian kata Otta, Karang Taruna Mekar Jaya Liliba ini, memenuhinya sehingga tim akhirnya merekomendasikan untuk mewakili NTT ke lomba jenjang Nasional dalam tahun ini.

“Secara umum, tugas pokok dan fungsi Karang Taruna diantaranya, bersama pemerintah daerah dan komponen lainnya membantu menyelenggarakan kesejahteraan sosial dan pengembangan generasi muda ke hal yang positif melalui upaya-upaya preventif, rehabilitatif dan pengembangan SDM generasi muda, ada dan dimiliki Karang Taruna Mekar Jaya Liliba, sehingga Tim penilai yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Provinsi serta Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Kota Kupang (5 orang), sepakati bahwa Mekar Jaya Liliba jadi wakll NTT ke Nasional,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Kupang, Stenly Boimau, mengatakan, rekomendasi tim kepada Karang Taruna Mekar Jaya Liliba untuk ikut lomba Karang Taruna Berprestasi Tingkat Nasional ini, bukan tanpa alasan dan sudah tepat.

Sebab, kata mantan Pemred Harian Timor Expres ini, pada lomba 52 Karang Taruna Tingkat Kelurahan Dalam Kota Kupang, beberapa bulan lalu, Karang Taruna Pimpinan Simin Sedeh ini, pun keluar sebagai Juara Satu dan pengumuman serta pemberian hadiahnya dijadwalkan akan dilakukan pada, Rabu, tanggal 19 Agustus 2020, bertepatan dengan HUT ke-3 kepemimpinan Walikota Kupang Jefri Riwu Koreh dan Hermanus Man atau yang terkenal dengan Tagline “FirmanMu”.

Baca Juga :  BTNK Tegur Pemandu Pengumpan Komodo

Saat itu, kata Boymau, melalui penilaian ketat Pada 5 aspek yang dilihat seperti UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial) merupakan kegiatan sosial Karang Taruna berupa penanganan atau pencegahan, yang kedua adalah kelembagaan organisasi (administrasi) dengan melihat langsung kelengkapan kesekretariatan karang taruna , ketiga adalah UEP (usaha ekonomi produktif) bertujuan untuk menopang kegiatan, keempat keolahragaan, dan yang kelima dan paling penting adalah Inovasi atau keunggulan apa yang dimiliki di kelurshan, Karang Taruna Mekar Jaya keluar sebagai Juara Satu.

Ia berharap prestasi tersebut menjadi pemicu dan pemacu generasi muda di kota ini untuk berprestasi dalam karya, unggul dalam manfaat dan memberi energi positif bagi pembangunan di kelurahannya masing-masing. (rilis)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *