Kapal Pengangkut Premium Terbakar di Larantuka, Dua Tewas

  • Whatsapp
Ilustrasi/Foto: Gamaliel
Ilustrasi/Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Kapal Motor Hikam 02 yang mengangkut tiga ton premium, meledak dan terbakar di Dermaga Pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (21/2) sekitar pukul 13.00 Wita.

Musibah itu mengakibatkan dua orang tewas terbakar yakni anak buah kapal (ABK) bernama Gola Lamuda, 47, dan kondektur mobil tengki bernama
Paulus Fernandez Aikoli, 37.

Dua ABK lainnya menderita luka bakar, satu di antaranya menderita luka bakar serius di badan, tangan dan kaki bernama Abdurahman, 36, dan satu orang menderita luka ringan bernama Muhammad Basir, 52, dirawat di rumah sakit setempat. Basir menderita luka ringan, hanya menjalani rawat jalan.

“Dua korban tewas telah diambil keluarga. Gola Lamuda dibawa ke kampung halamannya di Pulau Adonara, dan Paulus dibawa ke rumah duka di Larantuka,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Paulus Igo Geroda.

Baca Juga :  Lomba Desain Rumah dari FABA Hadiah Rp457 Juta Diperpanjang Hingga 17 Juni

Ia mengatakan ledakan terjadi saat kapal melakukan pemindahan 16.000 liter premium mengunakan selang dari mobil tangki ke dalam tengki dan drum kosong yang diletakan di kapal. “Tiba-tiba terjadi ledakan. Dua orang yang tewas diduga ada di dekat pusat ledakan,” kata Dia.

Selain menghanguskan kapal bersama muatannya, api juga menghanguskan mobil tengki yang parkir di dermaga, serta perahu motor Armada 3A01 milik seorang nelayan yang saat kejadian sandar di dekat kapal yang terbakar. “Banyak kapal ada di dekat kapal tersebut, tetapi cepat dipindahkan menjauh sehingga tidak ikut terbakar,” ujarnya.

Ia mengatakan kapal telah didesain khusus mengangkut bahan bakar minyak ke pulau-pulau kecil di Flores Timur seperti ke Adonara dan Lembata, dan selama ini tidak pernah terjadi musibah. Sampai Sabtu sore, belum diketahui penyebab musibah tersebut. Sementara itu polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian dan telah meminta keterangan dari sejumlah saksi mata. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *