Kapal Fery Baru, KMP Garda Maritim 3 Layari Rute Kupang-Rote

  • Whatsapp
Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 3/Foto: dok

Kupang – Gubernur NTT Viktor Laiskodat meluncurkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 3 di Pelabuhan Bolok, Kupang, Jumat (2/10/2020) sore.

Kapal fery baru milik PT Multi Guna Maritim tersebut, akan melayari Kupang-Rote pp dengan lama pelayaran 3 jam. Ketua DPW Garda Pemuda NasDem NTT Bobby Pitoby mengatakan kapal tersebut bagian dari dua kapal milik perusahaan tersebut. Satu kapal lagi masih dalam pembangunan dan baru akan rampung pada kuartal kedua 2021.

Read More

‘Penyerahan KMP Garda Maritim 3 untuk NTT’ dilakukan di atas kapal tersebut sekitar pukul 15.00 Wita. “Peluncuran kapal ini sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Baca Juga :  Bank Indonesia Perwakilan NTT Gelar Kick Off GPN

Bobby mengatakan kapal 994 GT tersebut diluncurkan sejak April 2020, mampu mengangkut 300 penumpang, 39 mobil dan 21 kru, melaju dengan kecepatan normal 9 knot per jam.

Kapal modern ini telah dilengkapi dengan fasilitas nyaman seperti kamar penumpang VIP dengan tempat tidur, area penumpang indoor ber-AC yang menayangan film box office sepanjang perjalanan, area penumpang outdoor dengan kantin, ruang ibu menyusui, ruang ibadah, ruang klinik kesehatan, dan toilet yang bersih.

“Salah satu keunggulan KMP Garda Maritim 3 yaitu tinggi car deck kapal yang didesain mencapai 4,5 meter, sehingga KMP Garda Maritim 3 mampu mengangkut semua jenis kendaraan roda 4, termasuk truk besar dan tronton,” ujarnya. Kapal dibekali dengan mesin mutakhir berkekuatan 2000 tenaga kuda buatan Mitsubishi Jepang.

Baca Juga :  Telkomsel-Cellular World Serahkan Apresiasi Program J4GO

Dengan diresmikannya KMP Garda Maritim 3 ini, MGMaritim bertekad agar kapal tersebut dapat membantu kelancaran perputaran perekonomian antar pulau di wilayah NTT, salah satunya yaitu dengan mengangkat standar fasilitas dan layanan penumpang penyeberangan. (gma/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *