Kabupaten Alor Gelar Expo IX dan Karnaval

  • Whatsapp
Karnaval Budaya/Foto: Gamaliel
Karnaval Budaya/Foto: Gamaliel

Kalabahi–Lintasntt.com: Pemerintah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur menggelar Expo ke-9 dan Alor Karnaval II yang dipusatkan di Stasiun Mini Kalabahi, ibu kota Alor, Kamis (6/8) petang.

Even ini merupakan promosi budaya terbesar yang digelar setiap tahun di Alor. Ribuan orang dari 17 kecamatan di Alor, satuan perangkat kerja daerah (SKPD) menghadiri kegiatan akbar tersebut, termasuk sejumlah wisatawan asing, peserta Sail Tomini 2015 yang saat ini tiba di Alor dalam pelayaran menuju Sulawesi Tengah.

Warga yang ambil bagian dalam kegiatan ini terdiri dari anggota sanggar seni budaya dan kelompok budaya. Para wakil seni tersebut mempromosikan dan berupaya membangun jaringan kerjasama dengan pihak lain untuk secara bersama-sama membina, memberdayakan, dan melestarikan nilai-nilai budaya di daerah ini.

“Kami terus mempromosikan seluruh potensi pariwisata di daerah ini seperti melalui Expo Alor. Expo ini mati suri selama lima tahun, dan sekarang dibangun lagi,” kata Bupati Alor Amon Djobo kepada puluhan wartawan yang meliput kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Pelaku dan Satu Jemaat Gereja Katolik Santa Maria Tewas

Ia menyebutkan promosi melalui Expo sangat potensial memperkenalkan daerah ini ke seluruh penjuru dunia. Kegiatan ini juga sekaligus membendung gempuran budaya barat yang mulai menggema di desa-desa di Alor.

Pada expo yang yang juga dihadiri Mantan Bupati Alor Ansgerius Takalapeta, juga  budaya menampilkan beragam kegiatan pameran prodik kerajinan rakyat dan simbol-simbol kebudayaan di Alor seperti tenun khas Alor. Ada juga pentas seni budaya seperti orkes suling,  orkes gambus, tarian lego-lego, tabuh moko.

Kegiatan berlangsung selama empat hari juga ditampilkan pameran dari seluruh kecamatan, SKPD, perusahaan swasta, hotel, restoran, rumah makan, kelompok usaha kecil dan menengah, pengrajin, dan sekolah.

Menurut Amon Djobo, pihaknya juga memperkenalkan potensi wisata bahari Alor kepada wisatawan, antara lain Taman Laut Alor terbentang ribuan hektare dan diapit 15 pulau besar dan kecil. Hamparan pulau-pulau yang indah dengan pantai pasir berwarna putih yang eksotik memberi nilai tambah pada keindahan taman lautnya sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan asing dan domestik untuk wisata bahari seperti diving dan snorkeling.

Baca Juga :  Bandara El Tari Kupang Pasang Thermoscan Antisipasi Virus Korona

Alor memiliki ratusan titik selam, 26 titik selama di antaranya berkelas dunia Shark Close di mana terdapat ikan hiu yang bersahabat dengan manusia, The Chatedral, School’s Out, No Man’s Land, Fault Line, Kal’s Dream, Crocodile Rock, dan Half Moon Bay. (mi/palceamalo/dari Alor)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *