Jepang Tertarik Kerjasama Pariwisata dan Ekonomi dengan Kota Kupang

  • Whatsapp
Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura (ketiga dari kanan). Foto: Ellya Djawas

Kupang–Pemerintah Jepang tertarik menjajaki kerja sama bidang pariwisata dan ekonomi dengan Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura kepada wartawan seusai bertemu Wali Kota Kupang Jonas Salean, Kamis (1/9/2016) petang.

“Kami (pemerintah Jepang) berkenan bekerja sama di bidang ekonomi seperti pariwisata,” ujarnya.

Selain dua bidang tersebut, Nakamura juga mengaku tertarik dengan suku-suku di Nusa Tenggara Timur seperti Suku Helong di Kupang dan Semau, serta Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Nakamura mengatakan, NTT adalah provinsi ke0-15 yang ia kunjungi. Selain bertemu pemerintah, ia juga bertemu 12 warga Jepang yang bermukim di Kota Kupang.

Baca Juga :  Hati-Hati, Kecepatan Angin di Kupang 55 Kilometer Per Jam

Pada kesempatan berdialog bersaama Nakamura, Wali Kota Jonas Salean mengharapkan ada juga kerjasama peningkatan sumber daya manusia pegawai negeri seperti kursus singkat, dan tata ruang kota.

“Jepang merupakan negara dengan perencanaan kota terbaik di dunia,” kata Jonas.

Tata ruang kota juga termasuk pengelolaan pantai. Salah satunya adalah menghindari adanya privatisasi pantai. Pantai merupakan area publik yang dimiliki bersama, bukan milik orang tertentu. (rr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *