Ini Penjelasan HT Setelah Dipulangkan dari Kejagung

  • Whatsapp
HT

Kupang – Kejagung telah memulangkan Hironimus Taolin, kontraktor yang ditangkap bersama jaksa berinsial KM di Kupang,  NTT pada Senin, 20 Desember 2021 malam terkait dugaan penyuapan.

Setelah ditangkap, Hironimus dan KM diterbangkan ke Jakarta pada Selasa (21/12) pagi untuk dimintai keterangan. Namun, pada Rabu (22/12), ia dipulangkan ke Kupang. Sedangkan, KM masih menjalani pemeriksaan di Kejagung.

Hironimus tiba di Kupang dengan pesawat Lion Air pada pukul 11.45 Wita, langsung menggelar jumpa pers di rumahnya, tempat ia ditangkap bersama KM di rumah HT di Jalan Bundaran PU, Kelurahan Tuak Daun Merah, Kota Kupang.

Hironimus dan KM diketahui berteman akrab sejak lama dan sama-sama berasal dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Satu hari sebelum kejadian, KM menelepon Hironimus untuk meminjam uang sebesar Rp50 juta dengan jaminan satu bidang tanah.

Baca Juga :  Ini Dia, Dosen LL yang Cek In bersama Siswi Cantik

Sekitar pukul 19.00 Wita, KM datang ke rumah Hironimus untuk mengambil uang pinjaman tersebut. Di sana ada sekitar belasan orang yang merupakan anggota keluarga dan juga ada sejumlah pegawai .

“Kami minum kopi dan uang Rp50 juta ditaruh di meja baru setengah jam. Pintu depan dalam kondisi terbuka. Tiba-tiba empat pria mengetuk pintu dan memanggil nama Hironimus dengan suara lantang, Satu orang langsung teriak, Hironimus..!,” ceritanya kepada wartawan.

Saat itu, Hironimus langsung bangun dari tempat duduknya, dan menanyakan alasan empat pria tersebut datang ke rumah. Namun, mereka terus masuk dan langsung mendekap Hironimus. Jaksa KM yang duduk di sebelahnya juga ditangkap. “Ini apa,” tanya salah satu pria dari empat pria tersebut kepada sambil menujuk kepada uang di meja. “Saya jawab, ini uang mau dipinjam oleh KM,” katanya.

Namun, keduanya langsung dibawa ke hotel terdekat untuk dimintai keterangan dan menjalani pemeriksaan antigen sebelum diterbangkan ke Jakarta.

Baca Juga :  Polda NTT akan Panggil Media Online Penyebar Berita Bohong

Hironimus mengatakan, bukan kali ini saja, KM memimjam uang kepadanya. KM sudah dua kali meminjam uang kepadanya masing-masing sebesar Rp10 juta dan Rp20 juta, namun uang pinjaman tersebut sudah dikembalikan.

Mminjamkan uang kepada teman sudah bisa, tidak ada unsur paksaan dan tidak ada suap-menyuap. “Saya bilang ke penyidik di Kejagung, ini bukan suap tetapi uang yang dipinjam oleh HT. Setiap dia pinjam uang pasti kembalikan,” tandasnya.

Selain itu, tambahnya ia tidak pernah memiliki persoalan hukum di kejaksaan negeri maupun kejaksaan tinggi. Bahkan proyek yang dikerjakannya di Timor Tengah Utara selesai seratus persen dan tidak punya persoalan dengan siapapun. “Saya tidak ada urusan proyek dan tidak bermasalah dengan jaksa,” jelasnya. (mi/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *