Ini Pencapaian Komisi Informasi NTT Selama 2021

  • Whatsapp
Foto: lintasntt.com

Kupang – Komisi Informasi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar jumpa pers akhir tahun untuk memberikan penjelasan kepada publik mengenai capaian selama 2021, Senin (27/12/2021).

Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban publik terhadap pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang dari komisi tersebut, yang disampaikan Ketua Komisi Informasi NTT Agustinus Lede Bole.

Capaian yang pertama yaitu sosialisasi implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Sosialisasi disampaikan ke seluruh badan publik di tingkat provinsi serta kabupaten dan kota, badan publik vertikal seperti LSM dan perguruan tinggi hingga media.

Menurut Agus, secara garis besar seluruh badan publik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di NTT sudah menjangkau informasi publik dengan baik, kecuali Kabupaen Ngada dan Manggarai Timur lantaran keterbatasan anggaran. Dia berharap pada 2022, dua kabupaten itu sudah bisa dijangkau oleh komisi informasi.

Baca Juga :  Massa Hadang Mahasiswa di Gerbang DPRD NTT

Tidak hanya di wilayah perkotaan, komisi informasi juga menjangkau badan publik sampai di tingkat desa. Menurutnya, di desa ada anggaran APBN yang dikelola oleh desa bernama dana desa.

Kemudian di tahun ini juga komisi informasi provinsi NTT melakukan pelatihan bagi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi badan publik di NTT dan penyelesaian sengketa informasi yang menjadi tugas utama dari komisi informasi yang menerima, memeriksa dan memutus sengketa informasi publik.

Ada juga bimbingan adjudikasi non litigasi yang ditujukan kepada anggota komisi informasi, pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh Hakim Mahkamah Agung agar dapat menghasilkan suatu keputusan adjudikasi yang baik.

Komisi informasi provinsi NTT juga telah melakukan sosialisasi ke media lokal dan kegiatan-kegiatan Kominfo juga selalu dilaksanakan baik pusat maupun daerah. Selama pandemi covid-19, Komisi Informasi tidak tinggal diam, kegiatan dan program-program tetap berjalan seperti biasa, namun berlangsung secara viritual. Agus janji di tahun yang akan datang, komisi informasi akan lebih bersinergi untuk menyukseskan program-program yang sudah diagendakan. (Paul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *