Ini Penampakan Seragam Baru Satpam

  • Whatsapp
Foto: Antara/dari laman liputan6

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) 2021 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan.
Upacara dihadiri sejumlah satpam dengan seragam baru.

“Bersama Polri, Satpam siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan penanggulangan covid-19, tentunya semua ini kita laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes),” kata Listyo di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2).

Salah seorang pasukan satpam menyampaikan lima prinsip satpam di hadapan Kapolri sebagai inspektur upacara. Yakni satpam memegang teguh disiplin, patuh dan taat pada pimpinan, jujur dan bertanggung jawab, senantiasa menjaga kehormatan diri dan menjunjung tinggi kehormatan satuan pengamanan.

Baca Juga :  Pesawat Tempur F16 Gagal Terbang Lalu Terbakar di Halim

Kemudian, senantiasa waspada dalam melaksanaan tugas sebagai pengaman dan penertib dilingkungan kerja, senantiasa bersikap open,dan tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi di lingkungan kerja, serta tangguh dan senantiasa bersikap etis dalam menegakan peraturan. Tri Brata (TB) 1 secara tidak langsung memperkenalkan seragam baru satpam ke publik.

Pasukan satpam yang menjadi peserta upacara wajib mengenakan pakaian dinas harian (PDH) terbaru, yakni baju warna krem dan celana cokelat tua. Pantauan di lapangan, warna krem pada baju satpam sudah terlihat berbeda dengan seragam anggota Polri. Pada lengan kiri baju terdapat logo masing-masing tempat bertugas dan lengan kanan logo Polda.  Sementara itu, pada celana tidak ada perubahan. Warna celana satpam masih sama cokelat tua.

Baca Juga :  Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Padang Kembali ke Rumah

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan pemberlakuan seragam baru satpam itu setelah revisi Peraturan Kepolsian (Perpol) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai.

Petugas satpam diberi masa tenggang waktu penggunaan seragam baru setahun setelah Perpol disahkan. Menurut dia, pengubahan seragam itu dilakukan agar satpam memiliki identitas sendiri.

Kemudian, memudahkan masyarakat membedakan antara petugas polisi dan satpam. “Satpam yang sekarang menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu identitas berbeda dengan Polri selaku pembinanya dan seragam institusi lainnya,” ujar Ramadhan saat dikonfirmasi Selasa (1/2/2022). (sumber: MI)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *